Financial institution sentral Hongaria mengatakan perencanaan fiskal yang kredibel diperlukan untuk mengurangi risiko Oleh Reuters

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Oleh Gergely Szakacs dan Luiza Ilie

BUDAPEST (Reuters) – Financial institution sentral Hongaria pada hari Kamis memperingatkan bahwa kesenjangan anggaran tahun 2024 dapat melampaui goal pemerintah nan baru-baru ini dinaikkan sebesar 4,5% dari produk domestik bruto, dan menyerukan perencanaan fiskal nan andal untuk mengurangi akibat pasar bagi perekonomian nan paling banyak berhutang di Eropa Tengah.

Negara-negara tetangga di Uni Eropa Timur, Hongaria dan Rumania, telah berjuang sejak pandemi COVID-19 untuk mengendalikan defisit anggaran mereka, dengan rata-rata kekurangan anggaran mereka sekitar 7% dari PDB selama empat tahun terakhir, jauh di atas rata-rata UE.

Knowledge untuk dua bulan pertama menunjukkan peningkatan defisit di kedua negara, menyebabkan Hongaria membatalkan rencana untuk mengurangi defisit di bawah pemisah maksimum UE sebesar 3% dari PDB dan meningkatkan akibat terhadap aliran biaya UE untuk Rumania, salah satu personil termiskin di blok tersebut. .

“Agar rasio utang terus menurun pada tahun 2024 dan persepsi akibat Hongaria membaik, goal defisit nan ditetapkan juga perlu dicapai dengan langkah nan kredibel,” kata Financial institution Nasional Hongaria.

“Tingginya kondisi inflasi selama dua tahun terakhir telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam shopping kembang pemerintah, nan juga bakal terus menjadi beban berat bagi anggaran tahun ini.”

Dikatakan bahwa kekurangan tersebut bisa melampaui periode pemisah PDB UE sebesar 3% apalagi pada tahun 2026, ketika Perdana Menteri nasionalis Viktor Orban bakal menghadapi pemilihan parlemen.

Meskipun terdapat kenaikan pajak pada awal tahun ini, Komisi Eropa telah memperingatkan bahwa kekurangan anggaran Rumania dapat meningkat kembali menjadi 7% dari output perekonomian tahun ini, sementara financial institution sentral Hongaria memandang defisit anggaran tahun 2024 antara 4,5% dan 5% dari PDB.

“Kami telah menyoroti penundaan konsolidasi fiskal di antara akibat angsuran utama bagi negara-negara CEE untuk tahun 2024,” Karen Vartapetov, analis pemeringkatan negara di S&P International Rankings, mengatakan kepada Reuters.

“Rencana konsolidasi fiskal bakal menjadi tantangan lantaran almanak pemilu nan padat, tagihan suku kembang nan tinggi, dan komitmen shopping pertahanan nan ambisius,” katanya dalam tanggapan e mail terhadap pertanyaan.

Hilangnya pendanaan UE lantaran kegagalan memenuhi patokan fiskal dapat merugikan pertumbuhan ekonomi, tambah Vartapetov.

S&P memproyeksikan pengeluaran kembang pemerintah secara umum nyaris sepersepuluh pendapatan Hongaria dan lebih dari 6% untuk Rumania tahun ini setelah lonjakan inflasi hingga dua digit memicu kenaikan suku kembang garang di seluruh Eropa tengah.

Financial institution sentral Hongaria, nan telah memangkas biaya pinjaman sebesar 975 foundation poin sejak Mei menjadi 8,25%, memperlambat laju penurunan suku kembang pada minggu ini, sementara kenaikan inflasi pada awal tahun 2024 dan akibat lainnya sejauh ini menghalang penurunan suku kembang di Rumania.

© Reuters.  Gedung Bank Nasional Hongaria terlihat di Budapest, 18 Januari 2012. REUTERS/Bernadett Szabo/File Foto

“Para menteri Hongaria secara terbuka membicarakan goal defisit baru sebesar 4,5% PDB, nan kemungkinan bakal diubah secara resmi pada sesi parlemen musim semi,” kata ahli ekonomi ING Peter Virovacz dalam sebuah catatan.

“Namun, berasas proyeksi teknis kami, kami sudah memandang penurunan sekitar 1,0 hingga 1,5 ppt apalagi pada goal defisit nan bakal segera diperbarui.”

2024-03-28 23:04:00

www.making an investment.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita