Dua ruang kelas SDN Tunggakjati 1 Karawang berikut dokumen rapor ludes terbakar

Sedang Trending 7 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Karawang | SekitarKita.id,- Kebakaran dahsyat menghanguskan dua ruang kelas di sekolah dasar negeri SDN Tunggakjati 1, Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jumat (08/12/2023) sekira pukul 15,35 WIB sore tadi.

Kesaksian Emi Karmila pembimbing kelas 5 mengatakan, api diduga kuat dari hubungan arus pendek (korsleting listrik), menghanguskan dua ruangan kelas ialah kelas 3 dan 4.

“Kronologi kebakaran belum bisa di pastikan, kemungkinan besar dari korsleting listrik api sekitar 70 persen menghanguskan dua ruangan kelas,” kata Emi kepada wartawan termasuk sekitarkita.id saat ditemui dilokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Emi menyebut, kobaran api menghanguskan sejumlah arsip murid, termasuk rapor pendidikan, kitab piket dan lainnya nan ada di dalam ruangan.

 Dik-dik/ tim sekitarkita.id)SDN Tunggakjati 1 Karawang terbakar, dua ruang kelas ludes dilahap si jago merah (foto: Dik-dik/ tim sekitarkita.id)

“Dokumen nan belum diselamatkan gosong terbakar, seperti rapor, kitab paket perangkat peraga dan bangku serta papan tulis,” bebernya.

Beruntung api dapat dipadamkan setelah tim regu pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang tiba kelokasi dan dibantu penduduk sekitar.

“Untuk korban tidak ada. Namun nyaris seluruh isi ruangan gosong terbakar, manajemen pembimbing kelas. Kerugian diperkirakan mencapai 200 jutaan rupiah lebih diliat dari segi gedung kelas,” bebernya.

Sementara itu, Komandan regu (Danru) 2 Peleton 03 Damkar Karawang, Suharyanto menjelaskan, usai mendapatkan laporan kejadian kebakaran, pihaknya langsung terjun kelokasi.

“Kami mendapatkan laporan dari warga, sekitar 20 menit sampai kelokasi dan langsung memadamkan api, kami menerjunkan 2 unit mobil damkar,” kata Suharyanto.

Ia menjelaskan, obyek nan terbakar, pihaknya menyebut, dua ruang kelas gosong terbakar saat dalam kondisi kosong (tidak ada murid).

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut, kendati itu, tetap dalam penyelidikan petugas kepolisian Polres Karawang.

“Penyebabnya tetap di selidiki kepolisian, kita serahkan ke pihak nan berwajib,” ujarnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, kata dia, dia menghimbau kepada pengurus sekolah untuk tetap cek kondisi ruang kelas jika ditinggalkan.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Dan kebetulan kelas dalam keadaan kosong. Antisipasi kedepannya, untuk ruangan maupun kelas nan ditinggal, colokan listrik kudu di lihat jangan sampai bertumpuk,” ungkapnya .

“Dan untuk nan di rumah penduduk kudu memperhatikan periksa kabel listrik dan kompor gas takutnya digigit tikus,” tandasnya.***(Dik-dik).

Kontributor Karawang: Dik-dik

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita