DPPKB Karawang optimis serapan anggaran capai 100 persen, begini katanya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Karawang | SekitarKita.id,- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang optimis bisa menyelesaikan serapan anggaran hingga seratus persen di akhir tahun 2023 ini.

Hal ini dikatakan, Sekretaris DPPKB Karawang Imam Bahanan, dia menjelaskan, hingga pekan kemarin serapan anggaran DPPKB Karawang sudah mencapai 92,57 persen dari total anggaran sebesar Rp 42 miliar.

Ia merinci, anggaran DAK Pusat senilai Rp 22 Miliar dan APBD Karawang sebesar Rp 20 Miliar. Capaian hingga 92,57 persen tersebut menjadi bukti kerja keras DPPKB Karawang dalam upaya mensukseskan program Bangga Kencana di Kabupaten Karawang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tak hanya itu, DPPKB Karawang nan juga bagian dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Karawang selalu menjadi garda terdepan dalam program penurunan stunting di Karawang.

Imam menjelaskan anggaran Rp 20 Miliar dari APBD Karawang digunakan untuk aktivitas personil Pos KB, Sub Pos KB, dan golongan aktivitas Bina Keluarga Bina Balita, Lansia dan Pusat Konseling Remaja sepanjang tahun 2023.

Sedangkan Anggaran DAK Pusat senilai Rp 22 miliar digunakan untuk operasional pos KB dan sub pos KB di 30 kecamatan nan membawahi 309 desa dan 11 kelurahan se Kabupaten Karawang. Anggaran tersebut sudah termasuk anggaran penyululuhan dan pengadaan perangkat kotrasepsi serta pulsa kuota bagi personil pos KB dan penyuluh di setiap desa.

“Untuk anggaran pusat seluruhnya di gawangi team dari BKKBN pusat sedangkan DPPKB hanya memantau dan menerima laporan saja,” jelas Imam.

Hingga saat ini, lanjut Imam, pihaknya tetap berupaya menyelesaikan proses serapan anggaran nan tersisa 7,33 persen.

Anggaran tersebut kebanyakan untuk bayar membayar penghasilan pegawai dan keguatan instansi lainnya. Di sisa akhir tahun 2023 ini pihaknya optimis bakal mencapai sasaran serratus persen serapan anggaran.

“Seluruhnya sudah mulai terserap namun sisanya 7.33 persen sedang proses untuk pembayaran honor pegawai,” kata Imam.

“Sedangkan 20 miliar berasal dari APBD Karawang untuk aktivitas shopping bayar penghasilan pegawai dan keguatan instansi lainnya, insyallah ahir Desember 2023 serapan anggaran dapat mencapai 100 persen,” pungkasnya.***

Kontributor Karawang: Dyka

Editor: Abdul Kholilulloh 

Foto: Jabar.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita