Deskripsi Pekerjaan Direktur Program Demystified (2024)

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Seorang kepala program mengatur setiap aspek inisiatif organisasi, seperti penganggaran proyek, perekrutan staf, dan iklan program kepada calon peserta. Mereka juga bertanggung jawab untuk menetapkan sekolah program, mendelegasikan tugas kepada personil tim, dan menetapkan tenggat waktu tertentu. Artikel ini bakal membantu Anda mempelajari tentang penjelasan pekerjaan, tanggung jawab, dan pentingnya kepala program.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pentingnya Direktur Program dalam Organisasi

Seorang kepala program sangat krusial dalam sebuah organisasi, karena mereka dibebani dengan beragam tanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa argumen krusial nan menggambarkan pentingnya kepala program dalam sebuah organisasi:

Manajemen waktu

Pada awal program, sebuah organisasi mempunyai pedoman untuk tenggat waktu dan tonggak pencapaian program. Dengan keahlian manajemen waktu nan memadai, kepala program menetapkan pemisah waktu untuk menghentikan tujuan beserta sub-tujuan nan membangun penyelesaian program. Anggota nan bekerja kudu segera mengikuti tenggat waktu nan ditetapkan oleh kepala program untuk menghentikan program dengan sukses.

Manajemen Anggaran

Direktur program memastikan bahwa setiap tenaga kerja mengikuti anggaran program tertentu dan memantau pengeluaran mereka. Ia juga memotivasi mereka untuk mengikuti anggaran nan ketat dan tetap berada dalam batas nan ditetapkan oleh organisasi.

Resolusi konflik

Konflik sepertinya tidak bisa dihindari dalam program. Andai organisasi kesulitan berkomunikasi dengan pengguna alias kedua departemen bersedia berbagi porsi anggaran nan sama, menghentikan bentrok dengan sigap sangat krusial untuk mengubah situasi negatif menjadi positif. Andai terjadi perselisihan dan ahli di tingkat nan lebih rendah sepertinya tidak bisa menyelesaikannya, kepala program bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.

Kemampuan beradaptasi

Program berkarakter dinamis, dan persyaratannya mungkin saja berubah sepanjang siklus berlangsung. Anggaran bisa berubah, dan jangka waktu bisa berubah untuk mengakomodasi kebutuhan klien. Dalam situasi seperti itu, tenaga kerja kudu segera beradaptasi dengan perubahan untuk menghentikan program dengan sukses. Direktur proyek bisa menyesuaikan program dan kegunaan tenaga kerja untuk mengelola tantangan ini dengan baik dan sampai tujuan.

Kualifikasi nan Diperlukan untuk Menjadi Direktur Program

Mempunyai gelar manajemen beserta delapan tingkat dan GCSE nan sesuai bisa memberikan latar belakang nan kuat untuk berkarir sebagai kepala program. Anda juga kudu segera mendaftar dan menghentikan kursus kepala program untuk pengembangan ahli jangka panjang dan meningkatkan kesempatan Anda untuk dapatkan posisi pekerjaan nan baik.

Dengan mendaftar di kursus kepala program, para ahli mempelajari tanggung jawab dan peran posisi tersebut, keahlian inti nan sangat dibutuhkan, dan angan dari posisi tersebut dalam keseharian. Ini bakal membantu para ahli membangun semua keahlian nan sangat dibutuhkan. Dua sertifikasi krusial nan kudu segera Anda cari pada kandidat sebelum mempekerjakan mereka mencakup sertifikasi ahli manajemen program dan sertifikasi kepala program.

Selain itu, karena kepala program bekerja di atas manajer dalam suatu organisasi, mereka memperoleh pemahaman nan baik tentang situasi aktual nan dihadapi organisasi tersebut. Dengan memperoleh pengalaman kerja sebagai manajer, Anda bisa meningkatkan pengetahuan manajemen dan belajar berinteraksi lebih baik dengan para direktur.

Jelajahi Lebih Lanjut: Cara Menjadi Manajer Program: Panduan Anda di Tahun 2024

Tugas dan Tanggung Jawab Utama Seorang Direktur Program

Seorang kepala program bertanggung jawab atas beragam tugas dalam organisasinya. Beberapa tugas utamanya adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan program dari awal sampai akhir, termasuk proses, tonggak sejarah, dan tenggat waktu.
  • Mengembangkan dan menyetujui operasi dan anggaran
  • Menetapkan dan memulai tujuan program sesuai dengan tujuan dan strategi organisasi.
  • Mengendalikan semua manajer proyek dan program, nan bertanggung jawab untuk memberikan umpan kembali dan menghentikan masalah nan menantang.
  • Merancang strategi pertimbangan untuk melihat-lihat keahlian dan menyelesaikan persyaratan untuk perbaikan.

Keterampilan Utama Seorang Direktur Program

Sebagai seorang kepala program, seseorang kudu segera mempunyai kombinasi keahlian strategis, kepemimpinan, interpersonal, dan operasional untuk unggul di bidangnya. Beberapa keahlian utama nan kudu segera Anda warisi saat memasuki bagian kepala program mencakup nan berikut ini:

Manajemen operasional

Manajemen operasional merupakan keahlian krusial bagi para kepala program untuk memastikan bahwa setiap program terlaksana secara efektif dan efisien. Keterampilan ini meliputi manajemen anggaran, alokasi sumber daya, dan optimasi proses. Dengan menguasai manajemen operasional, para kepala program bisa menyederhanakan alur kerja, mempertahankan kendali atas aspek operasional program, memaksimalkan pemanfaatan sumber daya, dan memastikan bahwa setiap kegunaan dijalankan sesuai dengan tujuan.

Perencanaan Strategis tentang Visi

Perencanaan strategis merupakan bagian krusial bagi setiap kepala program; keahlian tersebut mencakup penetapan tujuan, penyelarasan arah dan tujuan program dengan organisasi, dan penyusunan rencana jangka panjang. Perencanaan strategis juga memerlukan keahlian untuk mengantisipasi tantangan, meramalkan tren, dan menyusun rencana darurat. Seorang kepala program dengan keahlian perencanaan strategis nan solid bisa mengelola keberhasilan program dan menangani kompleksitas lingkungan.

Pengembangan Tim dan Kepemimpinan

Kualitas kepemimpinan nan baik memungkinkan kepala program untuk memimpin dan menginspirasi cukup banyak tim. Keterampilan ini meliputi keahlian untuk mengembangkan bakat, memotivasi staf, dan membangun tim nan kohesif. Keterampilan ini juga menyediakan manajemen kinerja, penyelesaian konflik, dan pengembangan budaya kerja nan sehat.

Pelajari kursus nan dirancang untuk membantu Anda lulus ujian PMP pada percobaan pertama! Melihat kursus kami Kursus Pelatihan Sertifikasi PMP Hari ini!

Deskripsi Pekerjaan Direktur Program

Untuk mempelajari penjelasan pekerjaan kepala program, memandang contoh nan diberikan di bawah ini:

Diperlukan seorang kepala program nan berbakat dan termotivasi untuk memimpin perusahaan. Anda bakal bertanggung jawab atas beragam aspek krusial perusahaan. Ini bakal meliputi perekrutan staf, manajemen karyawan, pengawasan keuangan, manajemen anggaran, dan bekerja sama dengan tim pemasaran dalam pemasaran. Sebagai kepala program, Anda kudu segera berdedikasi untuk bekerja keras penuh waktu dan lembur umpama diperlukan. Andai Anda merasa bisa untuk mengisi posisi ini, silakan melamar.

tanggung jawab dan kewajiban

  • Mengurus aspek administratif penyelenggaraan program
  • Mengevaluasi efektivitas program dan menawarkan saran untuk bidang-bidang nan perlu ditingkatkan
  • Merencanakan dan menangani rutinitas program
  • Mengkoordinasikan tanggung jawab dan tugas karyawan
  • Menjaga catatan nan sesuai dari setiap program
  • Tetapkan anggaran

Pendidikan dan Pengalaman

Anda kudu segera mempunyai gelar sarjana alias magister dalam manajemen upaya alias bagian keterkaitan industri apa pun.

Kualifikasi dan Keterampilan nan Diperlukan

  • Keterampilan pengambilan keputusan dan berpikir kritis
  • Mahir dalam keahlian organisasi dan komunikasi
  • Ahli dalam memberikan solusi imajinatif untuk masalah nan menantang
  • Kemampuan multi-tasking dan manajemen waktu nan kuat

Kualifikasi nan Diutamakan

  • 5+ tahun pengalaman manajemen karyawan
  • Keterampilan manajemen waktu nan tidak dapat dipercaya
  • Gelar grasp dalam manajemen bisnis
  • Mampu melakukan wawancara dan merekrut tenaga kerja nan berharga

Baca juga: Apa itu Kolaborasi Tim? Pentingnya, Unsur-unsur, dan Jenis-jenisnya

Peluang Karir untuk Direktur Program

Beberapa kesempatan pekerjaan terbaik nan tersedia bagi kepala program mencakup perihal berikut:

  • Direktur Program Layanan Kesehatan: Mengendalikan program, memastikan kepatuhan, mengelola anggaran, dan berkoordinasi dengan staf medis. Keterampilan: peraturan jasa kesehatan, manajemen keuangan, keahlian interpersonal. Garis karier: COO, CEO di bagian jasa kesehatan.
  • Direktur Program Pendidikan: Mengelola program, mengembangkan kurikulum, mengatur fakultas, dan memastikan akreditasi. Keterampilan: manajemen pendidikan, pengembangan kurikulum, kepemimpinan. Garis karier: Dekan, Wakil Presiden Urusan Akademik, alias Presiden bagian pendidikan.
  • Direktur Program Nirlaba: Mengelola program dan mengatur penggalangan dana, penjangkauan masyarakat, dan pemenuhan misi organisasi. Keterampilan: penggalangan dana, penulisan hibah, manajemen sukarelawan, perencanaan strategis. Garis karier: Direktur Eksekutif, Direktur Program.
  • Direktur Program TI: Mengendalikan program TI, memastikan penyelesaian proyek, mengelola anggaran teknologi, dan berkoordinasi dengan tim TI. Keterampilan: manajemen proyek, skill teknologi, manajemen pemangku kepentingan. Jenjang karier: Leader Knowledge Officer (CIO), Direktur TI.
  • Direktur Program Pemerintah: Mengelola program pemerintah, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, mengalokasikan anggaran, dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintah. Keterampilan: manajemen publik, penerapan kebijakan, manajemen anggaran. Garis karier: Administrator Pemerintah Senior, Direktur Program Pemerintah.

Kesimpulan

Setiap organisasi mengusulkan penjelasan pekerjaan kepala program nan dengan langkah nan berbeda, termasuk beragam angan dan tuntutan dari seorang manajer program. Selain itu, beban kerja, gaji, dan tanggung jawab seorang manajer proyek bisa bervariasi dari satu upaya ke upaya lainnya. Tetapi, terlepas dari tugas dan tuntutan organisasi, tetaplah siap menghadapi tantangan dan peroleh semua keterampilan, pengetahuan, pengalaman, dan kualifikasi krusial nan sangat dibutuhkan untuk posisi ini.

Andai Anda juga antusias untuk berkarier di bagian manajemen proyek dengan mempelajari keahlian inti dan info tentang posisi kepala program, bergabunglah dengan Simplilearn hari ini dan lamar Pelatihan Sertifikasi PMP® mereka!

Tanya Jawab Umum

1. Apa misi seorang kepala program?

Seorang kepala program kudu segera memastikan keberhasilan perencanaan dan penyelenggaraan setiap program, nan berakibat sangat positif pada tujuan, inovasi, dan untung organisasi.

2. Apa perbedaan antara manajer program dan kepala program?

Seorang kepala program menangani aspek nan lebih luas dari suatu program tertentu dan menyelaraskan beberapa proyek dengan strategi bisnis. Tetapi, seorang manajer program mengurus manajemen tugas rutin dari proyek-proyek tertentu.

3. Bagaimana saya dapat menjadi kepala program nan lebih baik?

Untuk menguasai peran kepala program, Anda kudu segera meningkatkan pengalaman manajemen dan upaya Anda dengan pengetahuan teknis nan sangat dalam tentang industri nan dipilih.

4. Apa saja tantangan utama nan dihadapi oleh kepala program?

Direktur program menghadapi tantangan utama, termasuk ambiguitas, masalah kepemimpinan, dan kebutuhan untuk mengawasi produktivitas tim.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita