Debat Capres-Cawapres perdana di KPU, ribuan personel Polisi dikerahkan

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta | SekitarKita.id,- Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, jumlah personil campuran nan bakal melakukan Pengamanan penyelenggaraan debat perdana Calon Presiden berjumlah 2120 personel. Pengamanan campuran terdiri dari TNI, Polri dan Instansi terkait.

Diketahui, hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat perdana pasangan Capres-Cawapres bakal digelar hari ini pada Selasa 12 Desember 2023.

Sebagai informasi, debat paslon Capres-Cawapres bakal diadakan sebanyak 5 kali, nan dimulai pada (12/12/2023) dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan jasa publik, dan kerukunan warga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kombes Pol Susatyo menyebut, pihaknya juga telah melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan Anggota di Ring satu hingga aktivitas di Ring luar KPU. KPU sudah membikin tata tertib bagi para pendukung Paslon, diantaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan nan bisa masuk dan tidak boleh membawa perangkat peraga kampanye, selain busana nan melekat ditubuh.

 istimewa)Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (foto: istimewa)

“Untuk jumlah dari pendukung Paslon juga sudah dibatasi, berapa orang, berapa orang, tata tertib sudah diatur KPU, kita tinggal melaksanakan teknis Pengamanannya,” kata Kombes Pol Susatyo di Mapolres Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Kemudian, jalan-jalan di sekitar letak debat alias di depan KPU bakal dilakukan sterilisasi alias rekayasa jalan, sehingga arus lampau lintas di letak aktivitas diharapkan lancar, “Pukul 16.00 WIB sudah kita sterilkan dari sore,” tuturnya.

Namun, sterilisasi area Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat bakal dilakukan sejak Selasa (12/12/2023) pukul 16.00 WIB alias beberapa jam jelang debat perdana dimulai.

“Kegiatan Debat ini salah satu dari Tahapan Pemilu sehingga kudu kami Amankan agar aktivitas melangkah dengan kondusif dan lancar. Dalam penyelenggaraan Pengamanan, kami tekankan kepada seluruh Anggota agar dilaksanakan dengan Humanis,” tegasnya.

Pihaknya menghimbau kepada penduduk masyarakat nan bakal melintas di sekitar KPU RI sore kelak untuk mencari jalan pengganti lain dikarenakan adanya rekayasa lampau lintas di sekitaran KPU RI.

“Dan kami juga menghimbau kepada simpatisan dan para pendukung Paslon nan bakal mengikuti prosesi debat calon presiden (Capres) untuk berbareng – sama menjaga keamanan dan ketertiban. Kami bakal jaga dan kawal sepenuhnya,” tutup Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kontributor Jakarta: Victor 

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita