Daripada mengeringkan, ini cara cepat dan efektif menghilangkan kutu beras hanya dengan 2 bahan dapur

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

 cukup gunakan dua bahan dapur.

Instagram/@siti_setyowati_

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kutu daun padi merupakan penyakit (benih) nan sangat mengganggu. Bagaimana dapat sebaliknya, serangga mini ini dapat sangat mempunyai pengaruh pada kualitas dan sepertinya. Selain itu, nasi nan terjangkit kutu sesekali susah dimasak lantaran itu kudu segera menghilangkan kutunya satu in line with satu terlebih dahulu.

Kondisi beras nan dipenuhi kutu sesekali dianggap sepertinya tidak layak untuk dimanfaatkan. Akibatnya, sebagian orang membuangnya dengan begitu saja. Pada kenyataannya ada sejumlah langkah nan dapat diterapkan untuk menghilangkan kutu pada nasi secara efektif.

Salah satu langkah nan tak henti-hentinya dilakukan adalah mengeringkan beras. Panas terik mentari biasanya bakal mengganggu kutu. Hal ini dikarenakan kutu keluar dari beras secara otomatis dan beras menjadi lebih bersih dan layak untuk digunakan.

Tetapi selain menjemur, ada langkah lain nan tak kalah efektif dan sigap menghilangkan kutu daun padi. Cara ini dibagikan oleh pengguna IG @siti_setowati_. Melalui salah satu video nan diunggah, dia mengaku mengandalkan bahan-bahan sederhana nan terdapat di dapur.

Dilaporkan Makanan Brilio Dari IG @siti_setyowati_ pada Selasa (7/9), bahan dapur maksudnya adalah cuka dan cengkeh. Kedua bahan tersebut mempunyai aroma nan kuat dengan begitu sepertinya tidak disukai kutu. Untuk argumen itu, kutu tersebut bakal lenyap dengan sendirinya.

 cukup gunakan dua bahan dapur.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa langkah penggunaan cuka dan cengkeh juga kudu segera tepat agar hasilnya maksimal. Pertama masukkan nasi ke dalam mangkuk besar. Kemudian siapkan wadah dan isi dengan air. Kemudian letakkan mangkuk berisi nasi dalam perjalanan loyang.

 cukup gunakan dua bahan dapur.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Kemudian tuangkan cuka secukupnya ke dalam mangkuk kecil. Kemudian letakkan mangkuk berisi cuka dalam perjalanan nasi. Lalu taburkan beberapa siung di pinggir nasi. Andai sudah, diamkan sampai kutu beras lenyap dengan sendirinya.

 cukup gunakan dua bahan dapur.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Nah, kutu beras nan sepertinya tidak berbau seperti cuka dan cengkeh biasanya berasal dari beras. Tetapi lantaran itu terdapat genangan air di luar, kutu bakal masuk dan terperangkap di dalam air. Hal ini membikin nasi lebih bersih dan siap dimasak.

 cukup gunakan dua bahan dapur.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Selain aromanya nan kuat, cuka dan cengkeh juga mempunyai kegunaan lain ialah bisa menghilangkan kutu pada nasi. Menurut cooking.stackexchange.com, cengkeh mengandung minyak atsiri dengan sifat insektisida alami. Nah, minyak atsiri ini dapat mengganggu sistem saraf kutu beras dengan begitu dikarenakan hewan mini tersebut merasa sepertinya tidak nyaman dan menjauh dari arena nan terkena cengkeh.

Sebaliknya, cuka mempunyai sifat masam nan kuat. Keasaman ini bisa membunuh alias mengusir kutu beras lantaran itu lingkungan masam sepertinya tidak kondusif untuk menguatkan kehidupan. Kombinasi aroma nan kuat dan sifat kimia cuka dan cengkeh efektif mencegah dan mengusir kutu daun beras secara alami.

Sudah ditonton lebih dari 21 ribu kali, video langkah menghilangkan kutu daun padi ini langsung menarik konsentrasi perhatian warganet. Cukup banyak juga pengguna IG lainnya nan langsung memberikan tanggapan di kolom komentar. Bahkan ada salah satu warganet nan memberikan saran lain untuk menghilangkan kutu beras.

“Tempat nasi saya selalu ada mrh bwng putih tanpa dikupas. Saya kombinasikan dengan nasi. Alhamdulillah kondusif tanpa serangga, jikalau saya lapar nasinya tetap aman,” tulis akun IG @takanadayangabadi.

“Kutu itu jatuh ke air… kemana perginya,” tanya akun IG @yayohhumaeroh.

“Dia keluar dari wadah nasi… Lalu jatuh ke air,” tutur pengguna ajenk_intan IG @ajenk_intan.

(brl/lut)

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita