Daftar 7 Lomba 17 Agustus Yang Sederhana dan Mudah Diadakan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Hari kemerdekaan Indonesia nan jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan sebuah momen bersejarah. Untuk merayakan keberhasilan Indonesia mengusir para penjajah, biasannya pada tanggal tersebut bakal diadakan sebuah upacara. Selain itu terkadang terdapat lomba 17 agustus nan ikut meramaikan hari berhistoris ini.

Dalam perlombaan ini biasannya anak anak, remaja, orang dewasa bakal saling di ikut sertakan dalam sebuah permainan nan nantinya sang pemenang bakal mendapatkan hadiah. Tujuan dibuatnya lomba seperti ini adalah untuk memperkuat ikatan antara sesama bangsa Indonesia dengan nilai Kebersamaan, Kerjasama, dan solidaritas masyarakat.

Daftar Lomba 17 Agustus

Apa Saja Lomba nan Biasannya Diadakan ?

Lomba 17 agustus identik dengan permainan tradisional Indonesia. Kenapa permainan tradisional dipilih ?. perihal ini juga bermaksud untuk memperkenalkan permainan ini kepada generasi baru agar tidak pudar sebagai salah satu karakter unik rakyat Indonesia.

Akan tetapi sering dengan perkembangan era terdapat juga beberapa permainan nan mengalami perubahan alias revolusi dengan tidak menghilangkan prinsip nan telah di bangun. Berikut beberapa contoh lomba pada tanggal 17 Agustus nan sering dilakukan

1. Lomba 17 Agustus Permainan Bakiak

Bakiak merupakan sebuah sandal kayu panjang nan bisa menampung empat sampai enam orang. Dalam permainan ini, para peserta diharuskan untuk melangkah berbareng sembari menjaga keisimbangan agar tidak jatuh.

Agar keisimbangan terjaga dan tidak jatuh dibutuhkan kerja sama tim. Siapa nan melangkah lebih sigap maka dia nan bakal menang. Permainan ini cukup sigap dalam meningkatkan kebersamaan dan kerja sama.

2. Lomba Permainan Balap Karung

Mungkin permainan nan satu ini tidak asing di telinga Anda, pada saat hari kemerdekaan Indonesia nyaris seluruh rakyat Indonesia melakukan perlombaan ini. Permainan ini sendiri berasal dari era kolonialisme Belanda nan dibawa oleh para misionaris ke sekolah dan lembaga dibawah perlindungan Belanda.

Namun ketika sudah merdeka, permainan ini tetap dimainkan dan sering muncul dalam seremoni seperti 17an. Cara bermainnya cukup mudah. Peserta masuk ke dalam sebuah karung, kemudian melompat sampai garis finis dengan beradu kecepatan melompat.

3. Lomba Makan Kerupuk

Lomba nan satu ini sangat terkenal di Indonesia. Permainan nan selalu muncul di peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini sangat seru. Dalam permainan ini, peserta diharuskan untuk menghabiskan sebuah kerupuk nan diikat di tali, kemudian memaknya dalam posisi tangan terikat. Siapa nan sigap menghabiskan kerupuk ini dialah nan menang.

4. Lomba 17 Agustus Panjat Pinang

Ketika hari kemerdekaan tiba Maka Anda bakal memandang sebuah pinang dengan beragam bingkisan di atasnya. Iya lomba panjat pinang pasti bakal menjadi permainan puncak pada umumnya. Dalam permainan ini peserta kudu memanjat batang pohon dan mendapatkan bingkisan nan berada di atas pohon tersebut dengan saling membantu satu sama lain untuk mencapai puncak.

5. Lomba Tarik Tambang

Selain muncul di seremoni hari kemerdekaan. Lomba tarik tambang juga sering muncul dalam aktivitas acara outbound, meeting kelas dan lain lain. Permainan ini cukup terkenal dan digemari. Ditambah lagi sangat seru, permainan ini mewajibkan dua golongan nan berdiri pada kedua sisi tali.

Kedua golongan tersebut bakal saling menarik tali hingga melewati pemisah nan dibuat sehingga golongan nan sukses menarik lebih kuat maka dialah nan menang.

6. Lomba 17 agustus Mukbang Kerupuk

Selain lomba tradisional, terdapat juga beberapa lomba nan datang dikarenakan situasi pandemi serta perkembangan zaman. Lomba modern nan mulai banyak dilakukan pada hari seremoni kemerdekaan adalah lomba mukbang kerupuk.

Lomba ini mengharuskan para pesertanya menyantap kerupuk sebanyak banyaknnya nan direkam lewat video. Lomba ini mendapat pandangan nan baik dari rakyat Indonesia dan memberikan intermezo nan cukup besar.

7. Lomba Membuat Syair alias Yel-yel Kemerdekaan

Salah satu lomba nan dapat dilakukan secara Online berikutnya adalah lomba membikin syair alias yel – yel kemerdekaan. Lomba ini mempunyai konsep seperti audisi menyanyi. Biasannya pembuatan syair hymne kemerdekaan alias yel yel tenang kemerdekaan nan di lombakan.

Lomba ini berkarakter virtual sehingga dapat dilakukan dirumah dengan merekam video kemudian mengirimnya ke panitia. Dapat juga dilakukan menggunakan aplikasi live seperti zoom alias google duo saat hendak mengambil penilian. Hasil buatan syair alias yel yel ini umumnya bakal digunakan dalam seremoni berikutnya sebagai lagu pengering tahun tahun depan.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka