Cegah tawuran jelang Ramadhan, Polres Karawang optimalkan pengamanan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Karawang | SekitarKita.id,- Jelang bulan suci Ramadhan 2024, jejeran Polres Karawang terus melakukan upaya pencegahan tindak kejahatan jalanan dimalam hari diwilayah hukumnya.

Salah satunya diwilayah Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, dimana dilokasi tersebut kerap terjadi tindakan tawuran di jam-jam tertentu.

Menanggapi keluhkan masyarakat Karawang Barat, Kasie Humas Polres Karawang, Ipda Engkus Kusmayadi mengatakan, pihaknya bakal melakukan operasi berskala besar menjelang bulan Ramadhan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Terkait pengamanan di bulan Ramadhan, kata dia, Polres Karawang melalui satgas preventif bakal melakukan patroli ke wilayah perkampungan nan dijadikan titik rawan bentrok antar remaja.

 IG @humaspolreskarawang)Jajaran Polres Karawang melakukan penangkapan tindak kejahatan malam (foto: IG @humaspolreskarawang)

“Dari tahun-tahun sebelumnya wilayah mana saja nan rawan tawuran kita bakal lakukan patroli rutin, lantaran pelaku tawuran biasanya di usia pelajar, maka mari untuk para penduduk dan orang tua lebih menjaga anak-anaknya tidak keluar dijam nan bukan sepertinya anak pelajar,” kata Ipda Engkus saat dihubungi instansi SekitarKita.id, Kamis (07/03/2024).

Ipda Engkus menegaskan, pihaknya juga meminta kepada orang tua dan penduduk tetap menjaga anak-anaknya agar tidak keluar alias nongkrong di luar pada dibulan puasa.

“Karena tawuran biasanya di bulan puasa dimalam hari dan awal hari, berasal dari nongkrong nan bakal mengundang keributan lawan,” jelasnya.

“Sebenernya siskamling di beberapa wilayah tetap ada nan melangkah dari laporan Bhabinkamtibmas juga menetapkan, bagi nan siskamling mulai redup untuk segera jadwalkan dengan RT setempat untuk pembagian dengan warganya agar siapa saja nan piket dari Polres Karawang,” sambung Ipda Engkus.

Pihaknya menghimbau, kepada masyarakat untuk turut berkontribusi dalam menjaga keamanan dilingkungan masing-masing. Selalu berkoordinasi dengan petugas di Sektor setempat.

“Kapolres Karawang tetap berupaya dari mensosialisasikan menjaga gangguan Kamtibmas, jangan sampe terjadi adanya gangguan Kamtibmas diwilayah tersebut seperti Bhabinkamtibmas, Kapolsek bersama-sama dengan masyarakat untuk menjaga komunikasi, silahturahmi dan menjaga bersama- sama di lingkungan,” papar dia.

Dalam perihal ini, Kapolres Karawang sudah membikin satgas untuk menanggulangi tawuran, satgas itu terdiri dari beragam unsur dan melibatkan semua pihak.

“Kami memohon jika mana ada anak nan mengumpul tidak jelas segera menghimbau dan untuk membubarkan diri,” ujar dia.

“Bila kelak bakal ada lagi tindakan tawuran segera melaporkan ke aplikasi Lapor Kapolres Karawang biar kelak kami respon dan lakukan tindakannya,” tandasnya.

Penulis : Andyka Nugroho

Editor : Abdul Kholilulloh

Sumber Berita : Liputan

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita