Cara Scan di Printer: Sederhana dan Mudah Dilakukan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cara Scan di Printer untuk merubah arsip menjadi softcopy sebenarnnya tidak rumit. Memindai alias Scan arsip merupakan langkah efesien untuk menjadikan salinan arsip nan bisa dibagi secara digital.

Sebagian besar printer modern juga menyertakan fitur scan terintergrasi, sehingga Anda tidak perlu menggunakan perangkat lain untuk menscan. Kebutuhan scanning arsip di era digital ini kian meningkat maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengetahui langkah scan arsip lewat printer.

Dalam tulisan kali telah dijabarkan beberapa langkah scan di printer nan bisa digunakan jika hendak mendapatkan arsip dalam corak softcopy. Sebelum melakukan scan, pastikan perangkat laptop alias computer Anda sudah tersambung. Jangan lupa juga untuk memastikan printer dalam keadaan hidup.

Cara Scan di Printer

Cara Scan Dari Printer ke Windows

Ada dua program nan dapat Anda gunakan untuk scan dari printer alias pemindai di Windows. Pilih satu sesuai dengan preferensi Anda.

Jika Anda salah satu pengguna windows, windows telah menyediakan sebuah fitur untuk melakukan scan di system. Fitur ini dinamakan Scan Melalui Faks dan Scan Windows. Windows memberikan aplikasi bawaan untuk scan dokumen, ialah Windows Fax dan Scan. Untuk scan dari printer menggunakan program ini berikut langkah nya.

  1. Pertama tekan start alias gambar logo windows di keyboard. Kemudian ketikan “wfs”.
  2. Akan muncul sebuah fitur dengan windows fax and scan. Pilih opsi ini (catatan di windows 7 Anda bisa mencari di control panel alias menggunakan program run lampau ketik “wfs”, untuk windows 8 langkah nya sama )
  3. Klik  Scan Baru .
  4. Jika pencetak nan betul tidak muncul di bawah Pemindai, klik  Ubah .
  5. Bila printer nan digunakan tidak muncul maka ubah dengan pilih change.
  6. Pilih printer nan digunakan dan klik  Ok .
  7. Setinggi pereferensi Anda sesuai kebutuhan.
  8. Kemudian preview untuk pertinjawan, klik scan untu memulai proses scanning.
  9. Tunggu beberapa saat maka arsip Anda suda ter-scan.

Cara Scan Di Printer Menggunakan Perangkat Lunak Printer

Seperti nan dijelaskan di awal jika kebanyakan printer model terbaru menyediakan aplikasi unik untuk memudahkan pengguna. Salah satu aplikasi nan disediakan ini dapat juga digunakan untuk melakukan scanning. Aplikasi bawaan dari printer biasannya menawarkan fitur :

  1. Pengenalan Karakter Optik (OCR) dari gambar nan di-scan / dipindai.
  2. Kirim pindaian ke Email.
  3. Pindai ke file lain seperti TIFF, PDF, XPS, dll.
  4. Pindai alias gabungkan beberapa gambar menjadi satu file.

Cara Scan Di Printer Menggunakan Aplikasi Bawaan Printer Epson

Untuk melakukan scanning arsip menggunakan aplikasi bawaan printer disini bakal dicontohkan scanning dengan aplikasi bawaan milik Epson. Epson menjadi salah satu printer nan paling sering digunakan proses scanning juga sangat mudah.

  1. Pertama nan kudu Anda lakukan adalah mempersiapkan arsip nan Anda mau scan.
  2. Kemudian letakan arsip tersebut di wadah scanning di printer. Contoh scanning Epson L3210 terdapat di bagian atas di bawah penutup.
  3. Kemudian pastikan printer Epson terhubung dengan laptop alias computer anda.
  4. Selanjutnnya install aplikasi bawaan Epson dengan nama “Epson scan”. Aplikasi ini dibuat Epson untuk memudahkan penggunannya menggunakan  scanning. Dalam aplikasi Epson scan Anda bakal mendapatkan 4 pilihan mode diantaraya: Mode otomatis penuh, Mode home, Mode office, Mode professional.
  5. Apabila arsip nan hendak Anda jadikan softcopy ini berupa sebuah foto, dianjurkan untuk menggunakan mode professional agar gambar nan dihasilkan lebih optimal dengan warna nan cerah. Biasannya warna arsip dan warna pada layar aplikasi ( pada saat preview berbeda ) lakukan penyesuaian terlebih dahulu. Bila Anda sudah sesuai dengan preview nan ditampilkan tekan scan untuk melanjutkan pros scanning
  6. Setelah proses scanning melangkah dengan baik alias selesai, Anda dapat menemukan arsip hasil scanning itu di berkas nan telah ditetapkan sebelumnya. Biasannya hasil scanning Anda bakal ditemukan di berkas picture pada computer. Hasil scanning juga bisa berupa satuan foto nan berbentuk pdf, ataupun JPEG.

Bila menggunakan aplikasi bawaan printer, Anda juga bisa memasang sebuah password pada saat melakukan penyesuaian scanning. Hal ini biasannya dilakukan untuk arsip dokumen nan mempunyai tingkat rahasia nan tinggi. Sehingga arsip tetap terjaga dan kondusif dari perihal hal nan tidak di inginkan.

Demikian pembahasan tentang Cara Scan di Printer. Bagi Anda nan berkeinginan membeli printer Epson, silakan kunjungi laman Printer Epson Bhinneka.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka