Cara Rambut Cepat Panjang dan Tips Merawat Agar Tetap Sehat

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cara Rambut Cepat Panjang

Memiliki rambut panjang nan sehat banyak diidamkan terutama oleh perempuan. Tidak sedikit dari mereka berupaya untuk mencari langkah agar rambut sigap panjang. Memiliki rambut nan panjang memungkinkan untuk ditata dengan beragam mode alias style nan tidak dapat dilakukan dengan model rambut pendek. Tidak hanya wanita saja, kaum laki-laki juga sebagian banyak nan mencari langkah agar rambut sigap panjang. Banyak argumen dari mereka untuk memanjangkan rambut, misalnya model rambut panjang lebih cocok dengan corak wajah, mengikuti tren, alias memanjangkan rambut untuk lantaran argumen kerontokan dan kebotakan.

Namun sayangnya, tidak ada langkah instan untuk memanjangkan rambut. Setiap orang mempunyai kecepatan pertumbuhan rambut nan berbeda dan dipengaruhi banyak faktor. Rata – rata rambut bakal tumbuh sekitar 2 cam dalam sebulan. Namun ada beberapa langkah agar rambut sigap panjang nan dapat dilakukan.

Siklus Pertumbuhan Rambut

Salah satu perihal krusial nan perlu dipahami adalah mengenai siklus pertumbuhan rambut. Setiap helai rambut di kepala kita mempunyai alias berada di masa alias tahapan siklus nan berbeda satu sama lainnya.

hair growth cycle

Masing – masing tahapan dari helai rambut ini mempengaruhi kondisi alias pertumbuhan rambut. Ketiga siklus pertumbuhan rambut:

  1. Anagen, ialah fase pertumbuhan aktif. Berlangsung sekitar 2 – 8 tahun
  2. Catagen, masa transisi saat rambut berakhir tumbuh. Berlangsung 4 – 6 minggu
  3. Telogen, masa istirahat, dimana rambut rontok. Berlangsung 2 – 3 bulan

Sebagian besar rambut kita berada pada siklus anagen, sekitar 90 – 95%, sedangkan sisanya berada pada tahapan telogen. Sehingga jika rambut rontok dalam jumlah normal saat mandi alias menyisir adalah wajar, lantaran sebagian rambut pada siklus telogen.

Salah satu langkah agar rambut sigap panjang dan tumbuh sehat adalah memastikan rambut nan berada pada siklus anagen terawat dengan baik.

Faktor nan Mempengaruhi Rambut Cepat Panjang

Seperti nan ditulis sebelumnya tidak ada langkah instant agar rambut sigap panjang. Ini lantaran kecepatan rambut untuk panjang dipengaruhi beragam aspek seperti genetik, style hidup, dan banyak lagi. Umumnya kecepatan rambut untuk tumbuh dipengaruhi oleh:

  1. Usia
  2. Tipe alias jenis rambut
  3. Kondisi genetik dan juga aspek keturunan
  4. Hormon
  5. Nutrisi, vitamin
  6. Beberapa jenis pengobatan alias obat berpengaruh pada pertumbuhan rambut
  7. Trauma alias kerusakan pada folikel rambut

Pada orang usia muda misalnya, rambut condong dapat tumbuh dengan cepat. Tidak jarang mereka dapat memanjangkan rambut dengan cepat. Namun pada orang dengan usia menengah, baik laki-laki alias wanita ada nan mulai mengalami male-pattern baldness / female-pattern baldness dan rambut perlahan mulai melambat untuk memanjang.

Kekurangan nutrisi alias vitamin juga dapat menghalang pertumbuhan rambut. Dalam masa anagen, folikel rambut memerlukan nutrisi dan aliran darah nan cukup ke folikel. Kekurangan nutrisi tentu saja dapat membikin folikel meninggal dan rambut menjadi rontok alias patah.

Cara Rambut Cepat Panjang Serta Sehat

Karena tidak adanya langkah agar rambut dapat sigap panjang dalam hitungan semalam alias hari, maka nan dapat Anda lakukan adalah memastikan rambut dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Ini secara tidak langsung bakal membikin rambut dapat tumbuh secara optimal dan kuat hingga panjang, tidak rontok alias bercabang saat panjang nanti.

Cara Rambut Cepat Panjang

Beberapa langkah nan dapat dilakukan agar rambut tumbuh sehat dan kuat:

Menjaga konsumsi vitamin dan nutrisi terpenuhi

Sebagian besar vitamin dan nutrisi bakal terpenuhi dari konsumsi makanan nan Anda makan setiap harinya. Namun terkadang beberapa suplemen vitamin mungkin dibutuhkan. Untuk memastikan rambut tumbuh sehat dan kuat, pastikan konsumsi beberapa vitamin / mineral berikut terpenuhi:

  1. Omega 3 dan omega 6
  2. Zinc
  3. Zat besi
  4. Vitamin D

Keramas secara teratur

Untuk memastikan rambut dapat tumbuh dengan baik, perlu dipastikan kebersihannya. Caranya adalah dengan rutin keramas tiap beberapa hari sekali. Keramas nan baik adalah keramas nan dilakukan secara teratur tiap beberapa hari sekali. Keramas setiap hari bakal berakibat hilangnya minyak alami pada rambut.

Hindari stress berlebih

Salah satu penyebab rambut rontok adalah stress berlebih. Ini tentu bakal menghalang proses pertumbuhan rambut dan mencegah Anda mendapatkan rambut panjang dengan cepat. Untuk itu, hindarilah stress nan berlebih.

Gunakan produk perawatan rambut berkafein

Meski tetap tergolong dalam studi baru, kafein dipercaya dapat memperlancar aliran darah pada kepala dan merangsang pertumbuhan rambut pada folikel – folikel rambut di kepala. Anda dapat mencari dan menggunakan produk perawatan rambut berkafein.

Tidak ada langkah praktis agar rambut sigap panjang, tapi Anda dapat berupaya untuk menjaga dan merawat rambut serta kulit kepala agar rambut nan berada pada siklus anagen dapat tumbuh secara maksimal dan sehat.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka