Cara Mengubah Aplikasi Default di Ubuntu Linux

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tutorial mengubah aplikasi default kali ini lebih ditujukan bagi pemula nan baru mengenal sistem operasi Linux, terutama Ubuntu. Bagi Anda nan sudah lama beradaptasi dengan Ubuntu, saya rasa sudah mengerti dengan perihal seperti ini.

Seperti sistem operasi lain pada umumnya, di Ubuntu kita dapat mengatur aplikasi apa nan digunakan saat membuka suatu file dengan langkah double klik file tersebut.

Sebagai contoh, di komputer Anda terinstal dua buah aplikasi pemutar video, misalnya MPV dan VLC. Tetapi, Anda mau video tersebut selalu diputar dengan VLC saat membukanya dengan langkah double klik. Untuk itu, Anda kudu mengubah aplikasi default untuk pemutar video di Ubuntu.

Pada dasarnya, ada dua langkah nan bisa Anda lakukan untuk mengubah namalain mengatur aplikasi default di Ubuntu, antara lain:

1. Melalui System Settings

Cara pertama nan bisa Anda lakukan untuk mengubah aplikasi default di Ubuntu adalah melalui system settings. Namun langkah ini hanya bertindak untuk mengubah aplikasi pemutar video
default, pemutar musik, kalender, email klien, penampil foto, dan web browser.

Berikut langkah-langkah mengubah aplikasi default melalui System Settings:

  • Pertama-tama buka Settings.
membuka settings
  • Kemudian pilih Default Applications.
  • Di sini Anda dapat mengatur jenis aplikasi nan diinginkan.
mengatur aplikasi default

Seperti nan terlihat pada gambar di atas, kita hanya bisa mengatur untuk jenis aplikasi tertentu saja, adalah Web Browser, email klien, kalender, pemutar video, pemutar musik, dan penampil gambar. Bagaimana dengan jenis file lainnya?

Untuk jenis file lain nan tidak disebutkan di atas bisa diatur melalui langkah nan kedua, adalah melalui menu klik kanan.

Dengan langkah ini Anda dapat mengatur aplikasi default untuk jenis file apa saja selain nan disebutkan pada langkah pertama. Misalnya dokumen, file teks, zip, dan lain-lain.

Sebagai contoh, di komputer saya terinstal dua buah aplikasi teks penyunting seperti Gedit dan Leafpad. Namun saya mau membuka file .txt selalu menggunakan Leafpad.

Berikut langkah mengatur aplikasi default melalui menu klik kanan:

Pertama-tama buka aplikasi File Manager di Ubuntu.

Kemudian klik kanan file tersebut dan pilih Properties.

klik kanan

Beralih ke tab Open With dan cari aplikasi Leafpad, silam klik Set as Default.

cara mengatur aplikasi default di ubuntu

Selesai, untuk kedepannya membuka file .txt dengan langkah double klik bakal secara otomatis menggunakan Leafpad.

Perlu dicatat bahwa langkah ini tidak bertindak untuk pemutar video, pemutar musik, web browser, penampil foto, kalender, dan email klien. Untuk itu Anda kudu menggunakan langkah nan pertama.

Sekian dulu tutorial tentang langkah mengubah aplikasi default di Ubuntu kali ini, semoga berfaedah bagi pembaca semua. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran mengenai pembahasan ini, jangan lupa ditulis pada kolom komentar di bawah ini ya.

Lihat juga: Cara Install File .deb di Ubuntu Lewat Terminal dan GUI

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia