Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Sedang Trending 8 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram
Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Malasngeblog.com - Pada kesempatan kali ini, tulisan berikut bakal membahas tentang langkah menghitung nilai engagement rate (ER) pada akun media sosial kita.

Artikel kali ini secara unik mengulas mengenai langkah mengecek ER alias tingkat hubungan di akun sosial media Instagram. Metode ini sangat berfaedah bagi kalian nan bekerja sebagai influencer.

Tentunya, sebagai influencer pasti tidak asing lagi dengan istilah "engagement rate" nan biasanya dicari oleh pengguna alias manajemen kalian.

Apa Itu Engagement Rate di Instagram?

Engagement rate di IG adalah rasio hubungan nan terjadi antara konten nan dibagikan dengan pengikut akun Instagram.

Interaksi tersebut dapat berupa suka, komentar, berbagi, dan klik tautan. Semakin tinggi engagement rate, maka semakin banyak pengikut nan aktif berinteraksi dengan konten nan dibagikan.

Engagement rate dapat digunakan untuk mengukur efektivitas konten nan dibagikan di Instagram. Konten nan mempunyai engagement rate tinggi menunjukkan bahwa konten tersebut relevan dan menarik bagi pengikut

Hal ini dapat meningkatkan kesempatan untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti meningkatkan kesadaran merek, mendorong penjualan, alias membangun komunitas.

Ada beberapa aspek nan dapat mempengaruhi engagement rate di Instagram, antara lain:

Kualitas Konten

Konten nan berkualitas, menarik, dan relevan dengan sasaran audiens bakal lebih likely untuk mendapatkan engagement nan tinggi.

Waktu Posting

Posting di waktu nan tepat dapat meningkatkan kesempatan konten untuk dilihat oleh lebih banyak pengikut.

Penggunaan Hashtag

Hashtag bisa membantu dalam meningkatkan visibilitas konten nan kita buat ke lebih banyak pengguna.

Ajakan Bertindak

Ajakan bertindak alias bisa juga disebut call to action dapat mendorong pengikut untuk berinteraksi dengan konten.

Berikut adalah langkah menghitung engagement rate di Instagram:

Engagement rate = (jumlah hubungan / jumlah pengikut) * 100

Misalnya, sebuah akun IG mempunyai 10.000 pengikut dan mendapatkan 1.000 like, 200 komentar, dan 500 berbagi dari sebuah postingan. Engagement rate untuk postingan tersebut adalah:

Engagement rate = (1.000 + 200 + 500 / 10.000) * 100

Engagement rate = 17%

Secara umum, engagement rate nan baik di IG adalah sekitar 2-3%. Namun, nomor ini dapat bervariasi tergantung pada jenis akun, industri, dan sasaran audiens.

Baca juga tulisan nan mengulik cara membikin link bio kustom sendiri di WordPress dengan mudah dan gratis dan cara menonaktifkan IG sementara terbaru 2023 di HP.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Lantas, gimana langkah menghitung engagement rate akun Instagram? Mari kita telaah lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini:

1. Buka Website Hitung ER Akun Instagram

Pertama-tama, buka browser kalian melalui komputer alias HP. Terdapat beberapa situs web nan bisa kalian gunakan. Untuk tulisan kali ini, kita bakal menggunakan analisa.io.

Analisa.io adalah sebuah website nan menyediakan jasa kajian IG dan TikTok. Website ini menggunakan kepintaran buatan (AI) untuk memberikan info dan insights nan jeli dan relevan bagi penggunanya.

Ketikkan alamat https://analisa.io dan Anda bakal masuk ke beranda website ini. Di website analisa.io, terdapat dua jenis media sosial nan bisa digunakan untuk menghitung engagement rate, ialah IG dan TikTok.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Jika mau menghitung engagement rate di akun IG milikmu, bisa memilih tab IG Analytics nan ada di beranda website analisa.io.


2. Mengecek Engagement Rate (ER) di Instagram

Setelah membuka tab IG Analytics, kalian dapat memasukkan username akun kalian pada bagian Profile Analytics. Cukup ketikkan username akun kalian di kolom nan tersedia.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Setelah memasukkan username, klik tombol ikon "search".

Tunggu beberapa saat hingga muncul info ER akun IG kalian.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

3. Menganalisis Hasil ER

Hasil ER bakal muncul seperti ini.

Cara Menghitung Engagement Rate Akun Instagram

Sebagai contoh, Engagement Rate nan didapatkan adalah 8,8% dengan total Like Rate sebanyak 7,29% dan Comment Rate sebanyak 1,51%. Di sini juga terdapat analitik mengenai jumlah follower, following, dan info lainnya.

Di bagian bawah, kalian juga dapat memandang link report kajian profil IG nan bisa kalian salin dan bagikan ke email, LinkedIn, Twitter, alias Facebook. Begitu mudah, bukan?

Itulah langkah-langkah mudah untuk menghitung nilai engagement rate (ER) dari akun Instagram. Terima kasih telah menyimak tutorial seputar IG ini sampai selesai, semoga bermanfaat, dan sampai bertemu pada tulisan berikutnya. Selamat mencoba!

Selengkapnya
Sumber Blogging Malas Ngeblog
Blogging Malas Ngeblog