Cara Menggabungkan File PDF Lebih dari Satu Menjadi Satu File PDF

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Masih banyak dari kita bingung bakal langkah menggabungkan file pdf. Sedikit berbeda dengan file dalam format word misalnya, untuk menambahkan laman dalam file pdf tidak dapat dilakukan secara langsung seperti insert page alias copy – paste konten dari file pdf nan ke pdf nan satunya.

Umumnya Anda dapat menyimpan file hasil olahan dari word processor seperti Microsoft Word, alias Excel hingga Powerpoint dalam format PDF. Namun ada kalanya Anda mau menambahkan alias menyelipkan konten alias tambahan laman ke dalam file pdf tersebut.

pdf

Ada beberapa langkah nan dapat dilakukan untuk perihal ini tergantung pada apakah konten nan mau ditambahkan tersebut berasal dari file nan berbeda alias tidak serta apakah Anda mempunyai file source original dari file pdf tersebut.

Dalam tulisan ini bakal dibahas mengenai langkah menambahkan laman dan langkah menggabungkan file pdf nan dapat dilakukan di PC dan juga Smartphone dengan mudah dan cepat.

Cara Menambahkan Halaman Pada File PDF

Jika Anda mempunyai file source seperti word, excel alias powerpoint, maka Anda dapat langsung membuka file tersebut dan menambahkan halaman, sheet alias slide serta menambahkan isi konten dari laman tersebut sebelum melakukan save ulang ke dalam format PDF.

Cara Menggabungkan File PDF

Permasalahan nan sering terjadi adalah kita hanya mempunyai file dalam format PDF, dan ada beberapa file PDF nan mau kita gabungkan menjadi satu kesatuan file PDF. Untuk perihal ini, Anda dapat menggunakan support software maupun 3rd party website nan dapat membantu menggabungkan file pdf.

Menggabungkan File PDF dengan Adobe Acrobat

Salah satu aplikasi alias software terkenal untuk membuka file PDF di komputer maupun Smartphone adalah Adobe Acrobat. Dengan software ini Anda dapat menggabungkan dua hingga lebih file pdf berbeda dan menyusun halamannya.

Cara menggabungkan dengan Adobe Acrobat:

  1. Buka salah satu file pdf dengan Acrobat
  2. Klik menu tools
  3. Selanjutnya bakal muncul beberapa menu nan dapat dipilih
  4. Pada bagian Insert Pages, Anda dapat memilih Insert From File ataupun Combine Files into PDF

cara menggabungkan file pdf

Keduanya mempunyai kegunaan sama ialah untuk menambahkan laman ataupun menggabungkan beberapa file nan berbeda ke dalam 1 file PDF. Pada Insert From File Anda juga dapat mengatur letak posisi konten nan baru Anda tambahkan seperti posisi urutan halamannya.

Setelah selesai menggabungkan file, jangan lupa klik tombol simpan untuk menyimpan hasil penggabungan

Menggabungkan File Pada Smartphone

Selain di PC, Anda juga dapat menggabungkan beberapa file PDF nan tersimpan di Smartphone Anda. Anda dapat menggunakan support beberapa aplikasi PDF nan terdapat di Playstore misalnya.

Anda dapat menggunakan apps seperti:

  1. Adobe Acrobat Reader
  2. PDF Reader
  3. Combine PDF
  4. PDF Merge
  5. Dan banyak lagi

Umumnya setiap aplikasi ini mempunyai tampilan UI dan layout nan cukup mudah dipahami dan sederhana. Anda hanya tinggal memilih file pdf nan bakal digabung setelah itu pilih gabung dan Anda bakal mendapatkan satu file PDF baru berisi campuran dari file – file PDF sebelumnya.

Perlu diperhatikan, beberapa aplikasi mungkin mengharuskan Anda bayar alias membeli aplikasi tersebut untuk dapat menggabungkan file pdf lebih dari 2 alias 3 file berbeda misalnya (hanya dibatasi menggabungkan hingga 3 file saja).

Namun pada aplikasi lain mungkin tidak dibatasi, namun Anda bakal disuguhi iklan nan diselipkan saat Anda hendak melakukan proses penggabungan.

Menggabungkan File dengan 3rd Party Website

Jika Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci seperti merge pdf, combine pdf, menggabungkan file pdf, Anda bakal menemukan banyak website nan dapat membantu Anda untuk menggabungkan file PDF.

cara menggabungkan file pdf pc

Selain itu beberapa website juga memungkinkan Anda untuk memisahkan file PDF menjadi beberapa file PDF. Misalnya Anda mau memisahkan laman 2 – 3 menjadi 2 file PDF tersendiri.

Cara melakukan penggabungan pun cukup mudah dan nyaris tidak jauh berbeda dengan langkah sebelumnya:

  1. Upload file PDF nan mau digabungkan
  2. File PDF ini dapat berupa file PDF nan tersimpan di komputer alias di Google Drive
  3. Beberapa Website memungkinkan Anda untuk mengedit layout alias urutan halaman
  4. Setelah itu pilih gabungkan
  5. Setelah semuanya diproses, Anda dapat klik download alias simpan file pdf hasil gabungan

Umumnya website PDF seperti ini cukup kondusif dan hanya menyimpan file PDF nan Anda upload maksimal 1×24 jam dalam server mereka sebelum menghapusnya.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka