Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Laptop (Split Screen)

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Pada tulisan kali ini Om Komputer bakal menjelaskan salah satu teknik dasar editing video nan sering digunakan oleh para konten kreator, adalah langkah menggabungkan 2 video menjadi 1 layar namalain frame.

Mungkin di antara teman-teman semua pernah menonton video di Youtube namalain media sosial, nan mana di dalam satu layar terdapat dua video berbeda nan disusun secara berdampingan. Baik itu secara vertikal (atas dan bawah), maupun mendatar (kiri dan kanan). Teknik penggabungan video seperti ini disebut juga dengan split screen.

Biasanya, teknik split screen digunakan untuk membikin video komparasi (comparison), reaction, dan lain sebagainya. Bukan hanya 2 video saja nan bisa digabungkan menjadi 1 frame, Anda bisa membikin video split screen hingga 3, 4, apalagi lebih.

Untuk mengedit video split screen tidak kudu menggunakan software video editing mahir seperti Adobe Premiere Pro nan nilai langganan perbulannya cukup mahal.

Banyak aplikasi edit video cuma-cuma dan open source nan bisa Anda gunakan secara bebas tanpa resah hasil video Anda disisipkan watermark. Beberapa di antaranya adalah Kdenlive, Olive, dan OpenShot.

Nah, pada tutorial menggabungkan 2 video menjadi 1 layar kali ini kita bakal menggunakan aplikasi OpenShot nan menurut admin lebih mudah dan cocok untuk penyunting pemula.

Tutorial Cara Menggabungkan 2 Video Menjadi 1 Layar di Laptop namalain PC

Sebelum kita menuju ke langkah-langkahnya, pastikan Anda sudah menginstal software OpenShot di komputer PC namalain laptop. Jika belum, download OpenShot langsung dari situs resminya dan pilih sesuai dengan sistem operasi nan Anda gunakan, apakah Anda menggunakan Windows, Linux, namalain MacOS.

Jika sudah, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di laptop berikut ini:

Total waktu: 1 jam

1. Import Video 1 dan Video 2

import video

Pertama-tama, jalankan aplikasi OpenShot. Lalu masukkan video 1 dan video 2 ke project dengan langkah klik kanan pada area kosong Project Files dan klik Import Files. Pilih dua file video nan bakal Anda edit, silam klik Open.

2. Masukkan Video 1 ke Dalam Track 1

masukkan video 1 ke track 1

Masukkan video 1 ke dalam Track 1 dengan langkah menariknya (drag and drop).

3. Beri Efek Crop ke Video 1

beri pengaruh crop

Berikan pengaruh crop ke video 1 dengan langkah klik Effects, silam cari pengaruh Crop dan tarik ke video 1.

4. Atur Efek Crop

atur pengaruh crop

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting pengaruh Crop tadi dengan langkah klik kanan pada video 1 (Track 1), silam klik Properties. Pada jendela Properties, ubah Selection ke Crop dan atur nilai dari setiap Property seperti gambar di bawah ini. Atau Anda bisa mengatur nilainya sendiri sesuai dengan kebutuhan video anda.

5. Geser Posisi Video 1 ke Kiri

geser posisi video 1 ke kiri

Geser posisi video 1 ke kiri dengan langkah mengubah Selection ke Video 1, silam ubah nilai Location x seperti gambar di bawah ini. Silakan disesuaikan dengan video Anda pada jendela Video Preview.

6. Masukkan Video 2 ke Track 2

masukkan video 2 ke track 2

Setelah sukses menggeser posisi video 1 ke kiri, selanjutnya kita bakal melakukan perihal nan sama pada video 2. Pertama-tama masukkan Video 2 ke Track 2 dengan langkah drag and drop.

7. Beri Efek Crop ke Video 2

beri pengaruh crop ke video 2

Berikan juga pengaruh Crop ke Video 2 dengan langkah klik Effects silam drag and drop pengaruh Crop ke Video 2.

8. Atur Efek Crop Video 2

atur pengaruh crop video 2

Klik kanan Video 2 (pada track 2) dan klik Properties. Pada jendela Properties, ubah Selection ke Crop dan atur nilai setiap Property seperti gambar di bawah ini, namalain silakan diatur sesuai kebutuhan video anda.

9. Geser Video 2 ke Kanan

geser video 2 ke kanan

Kemudian kita bakal menggeser posisi Video 2 ke kanan. Caranya ubah Selection ke Video 2 dan ubah nilai Location x seperti gambar di bawah ini, sehingga kedua video saling berdampingan.

10. Export Video

export video

Nah, pada tahap ini proses menggabungkan 2 video menjadi 1 layar namalain split screen sudah selesai dilakukan. Selanjutnya, kita bakal menyimpan hasil editan tersebut ke dalam corak video, namalain nan biasa dikenal dengan istilah render namalain export video.

Caranya, klik tombol bulat warna merah (Export) pada bagian atas, silam klik Export Video dan tunggu selama beberapa menit tergantung panjang video dan spesifikasi laptop nan Anda gunakan.

Sebelum itu Anda bisa mengatur beberapa bagian krusial pada jendela Export seperti nama file, letak export, video profile, kualitas video, dan lain-lain.

Lihat juga:

  • Cara Menggabungkan Beberapa Video Menjadi Satu di PC
  • Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC Tanpa Mengurangi Kualitas

Untuk memandang tutorial ini dalam corak video dan memandang gimana hasil video split screen nan sudah saya buat, silakan tonton videonya di bawah ini.

Sekian dulu tutorial tentang langkah menggabungkan 2 video menjadi 1 layar di laptop untuk kali ini. Jika ada nan mau Anda tanyakan mengenai perihal ini, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Semoga tutorial ini berfaedah dan terima kasih atas kunjungannya.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia