Cara Membuat password yang kuat

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Saat ini beragam aktifitas berselancar secara online tidak terlepas dari registrasi nan memerlukan password bagi email, akun belanja, transaksi pembayaran perbankan dan online dan lain sebagainya. Pembuatan password bukanlah perkara mudah, lantaran kudu kuat sehingga tidak mudah untuk diretas sehingga disalah gunakan oleh orang nan tidak bertanggung jawab. Tidak dapat dipungkiri, lebih mudah untuk membikin dan mengingat password nan sederhana, tetapi ini beresiko pada keamanan online Anda. Idealnya adalah password nan Anda buat sebaiknya tidak susah Anda ingat, namun susah ditebak orang lain

Mengapa Anda memerlukan password nan kuat ?

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa saya memerlukan password nan kuat? Saat ini mulai banyak pihak nan mencoba mencari untung dengan mencoba mencuri akun Anda sehingga mereka dapat mengakses alias mencuri informasi-informasi Anda dan  tindakan ini umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Kata sandi nan kuat adalah salah satu langkah untuk mempertahankan akun dan info pribadi Anda dari hacker.

Beberapa tips membikin password nan kuat

Membuat password nan kuat absolut dilakukan saat ini untuk menghidari hacking mengambil alih akun Anda, beberapa perihal krusial untuk dipertimbangkan saat membikin password :

  • Jangan pernah menggunakan info pribadi Anda untuk membikin password. Seperti nama keluarga, ulang tahun personil keluarga, dan lain sebagainya nan berasosiasi dengan info nan berbentuk cetak alias fisik, lantaran info ini umumnya dapat diakses publik, sehingga orang lain lebih mudah menebak password Anda.
  • Gunakan password nan panjang, minimal 6 digit, semakin panjang dan banyak kombinasi huruf, nomor dan simbol, semakin susah ditebak password Anda.
  • Jangan menggunakan satu password untuk semua akun Anda. Jika haker bisa menemukan kata sandi pada satu akun Anda, maka akun-akun Anda lainnya bakal dapat diambil.
  • Gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan mini dan minimal 10 kombinasi.
  • Usahakan tidak menggunakan kata-kata nan dapat ditemukan di dalam kamus. Misalnya, berenang1 merupakan password nan lemah.
  • Password dengan 10 kombinasi adalah password nan kuat, jika Anda mengalami kesulitan membikin password ini, maka Anda dapat menggunakan aplikasi password generator.

Beberapa kesalahan password pada umumnya

Biasanya, kebanyakan orang membikin password mengandung mengandung nama keluarga, tanggal kelahiran, hobi, alamat rumah dan lain sebagainya nan melekat pada dirinya. Password ini memang mudah diingat, tetapi kurang kondusif digunakan. Kita bakal mempelajari beberapa kesalahan dalam membikin password pada umumnya.

Password : ono12ana05

Ini adalah kombinasi password dari panggilan nama Anak dan tanggal kelahirannya. kata sandi ini menggunakan info pribadi terlalu banyak nan melekat dengan Anda dan banyak diketahui pleh orang terdekat dan ditemukan pada social media Anda. Password ini bakal mudah ditebak oleh para haker nan sudah biasa meretas akun.

Alternatif jika Anda menggunakanpassword ini dengan menambahkan simbol dan huruf kapital, seperti : oNo12@aNa05%

Password : k3m4n6

Password ini terlihat tidak mudah diretas, tetapi sebenarnya ini sangat mudah diretas lantaran tetap menyangkut alamat jalan rumah tempat tinggal dengan kombinasi huruf dan simbol dan hanya terdiri dari 6 huruf password, Anda bisa bayangkan berapa banyak nan mengetahui Anda tinggal dan info ini diketahui beberapa orang melalui internet.

Anda dapat menggunakan pasword ini sebenarnya, tetapi dengan kombinasi nan lebih rumit dan menjadi 9 digit, seperti K3#m4$N6^

Password : 123abccba321

Pola seperti ini memang mudah diingat, namun mudah ditebak juga oleh hacker nan mencoba meretas akun Anda. Password ini menggunakan pola nan sederhana, sehingga mudah diingat dan diketik pada keyboard. Jangan menggunakan pola tersebut, gunakan nomor acaak dan huruf acak, seperti : 1@3#qBp0)9(8*

Password : 1PassWordAkun

Menggunakan Password nan sama untuk semua akun saya, ini adalah langkah nan salah. Memang memudahkan Anda mengingat satu password, tetapi jika satu akun Anda sukses diretas, maka Akun Anda nan lainnya dalam bahaya. Gunakan paswoord berbeda-beda untuk setiap akun dan gunakan kombinasi password nan unik untuk setiap akun Anda.

Saat ini beberapa webside mulai menerapkan :

  • TwoFactor Authentication (2FA) adalah fitur keamanan akun online dimana kita bakal melakukan verifikasi identitas sebanyak minimal 2 kali, ini biasanya dikombinasikan dengan password dan kode unik melalui SMS.
  • OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi alias kata sandi sekali pakai nan terdiri dari 6 digit karakter (seringkali angka) unik dan rahasia nan umumnya dikirimkan melalui SMS alias e-mail.

Untuk dapat mengakses akun Anda dari perangkat lain selain smarphone dengan mengirim 2FA alias OTP kepada Anda untuk memastikan bahwa memang betul Anda sedang menggunakan perangkat selain smartphone Anda. Jangan pernah memberikan kode OTP kepada orang lain apapun nan terjadi alias memberikan akses  2FA nan muncul di smartphone Anda jika Anda tidak merasa membuka akun Anda selain di smartphone Anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka