Cara Membuat Infused Water yang Praktis, Sehat & Menyegarkan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Infused water menjadi salah satu pengganti minuman nan selain menyegarkan juga menyehatkan. Infused water memungkinkan Anda meminum air putih disertai dengan jenis rasa alami nan dapat Anda buat sendiri. Karena kandungan dan manfaatnya, tidak jarang infused water dijadikan salah satu pilihan saat memulai menerapkan pola hidup sehat. Dalam tulisan ini bakal membahas apa itu infused water dan langkah membikin infused water nan praktis dan juga menyehatkan.

Apa itu Infused Water & Cara Membuat Infused Water

Infused water alias disebut juga detox water pada dasarnya adalah air biasa nan kita minum sehari – hari. Akan tetapi air ini ditambahkan dengan jenis buah – buahan alias sayuran nan direndam terlebih dulu dalam air tersebut.

Tujuan dari perendaman ini adalah agar sari dan kandungan vitamin dari buah dan sayur bakal keluar dan tercampur ke dalam air. Saat meminum infused water ini, selain mendapatkan kandungan vitamin dari sayur alias buah, Anda juga dapat menikmati jenis rasa alami buah dan sayuran tersebut.

infused water

Cara membikin infused water juga cukup mudah dan cepat. Anda dapat membikin infused water kapan saja dan dengan bahan buah alias sayur apapun nan menjadi favorit Anda. Berikut ini langkah membikin Infused Water nan dapat Anda coba di rumah:

  1. Cuci bersih semua peralatan seperti botol air dan juga pisau nan bakal digunakan agar tetap steril
  2. Selanjutnya mulai pangkas buah alias sayur nan bakal digunakan untuk kandungan alias bahan infused water.
  3. Sayur dan buah nan digunakan dapat berupa campuran alias satu macam saja.
  4. Masukkan potongan buah dan sayur ke dalam botol dan isi air hingga penuh
  5. Lalu tutup dan biarkan buah alias sayur terendam di dalam botol

Berapa Lama Sebaiknya Infused Water Dibiarkan & Kapan Harus Dihabiskan

Setelah mengikuti langkah membikin infused water diatas, selanjutnya Anda dapat membiarkan air terendam dengan buah alias sayuran selama 1 – 2 jam di suhu ruangan alias 3 – 4 jam jika disimpan dalam kulkas. Tujuannya adalah agar kandungan vitamin dan rasa dalam air optimal. Untuk rasa nan lebih, Anda juga dapat membiarkan infused water selama 12 jam terlebih dulu sebelum diminum.

infused water fruit

Setelah membiarkan infused water selama 1 – 4 jam alias saat siap dikonsumsi, infused water dapat langsung Anda nikmati dan dihabiskan dalam hari nan sama. Jika Anda tidak menyimpannya dalam kulkas, maka disarankan untuk menghabiskannya di hari nan sama agar kesegaran dari infused water tetap terjamin.

Kelebihan dan Manfaat Infused Water

Meminum infused water mempunyai banyak faedah bagi kesehatan. Infused water juga dapat dijadikan pengganti minuman dengan rasa alami (tanpa rasa / pemanis buatan). Berikut beberapa kelebihan dari infused water:

  1. Memiliki kandungan gizi dan vitamin
  2. Nol kalori lantaran mengandung rasa alami dari buah dan sayur tanpa pemanis tambahan
  3. Menghilangkan racun dari sistem tubuh (detox)
  4. Mengurangi rasa lelah
  5. Menjaga tubuh tetap fit
  6. Menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan
  7. Rutin meminum infused water juga dapat membantu menurunkan berat badan

Tips Cara Membuat Infused Water nan Segar & Menyehatkan

Untuk mendapatkan hasil nan optimal dalam menikmati infused water, tentu ada beberapa perihal nan sebaiknya dihindari saat menyiapkan infused water. Selain itu ada beberapa tips nan dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan faedah nan Anda dapatkan saat mengkonsumsi infused water.

detox water

Berikut beberapa tips nan dapat Anda ikuti untuk membikin infused water:

  1. Hindari menggunakan alias merendam buah dan sayur dalam air panas. Gunakan air suhu ruangan alias air dingin, lantaran air panas bakal menghilangkan kandungan enzim dan vitamin dari buah dan sayuran
  2. Simpan infused water di dalam lemari es dan biarkan kandungan buah dan sayur terserap perlahan ke air.
  3. Hindari menyimpan infused water di suhu ruangan lebih dari 12 jam. Simpan dalam lemari es untuk menjaga kesegaran infused water
  4. Beberapa buah seperti lemon, jeruk dan nanas dapat digunakan untuk membikin infused water lebih dari 1x sebelum diganti.
  5. Namun beberapa buah seperti jenis berry, melon sebaiknya digunakan 1x saja, lantaran lebih sigap hancur dan dikhawatirkan dapat merubah rasa dari infused water lantaran sudah membusuk.
Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka