Cara Install WordPress di XAMPP Localhost dengan 6 Langkah Mudah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX
Cara Install WordPress di XAMPP Localhost
Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Malasngeblog.com - Pada kesempatan kali ini, kita bakal membahas dengan komplit langkah melakukan instalasi WordPress pada XAMPP localhost.

Dengan mempelajari tutorial ini, Anda bisa membikin dan mengotak-atik website WordPress secara offline tanpa perlu terhubung ke jaringan sebelum dipublish ke web hosting. Jadi, simak sampai habis, ya!

Pengertian WordPress

WordPress adalah sebuah sistem manajemen konten (content management system, CMS) nan sangat terkenal dan digunakan secara luas untuk membikin dan mengelola situs web.

WordPress awalnya didesain sebagai platform untuk blogging. Namun, seiring berjalannya waktu, WordPress telah mengalami perkembangan nan signifikan dan sekarang menjadi salah satu CMS terbaik dan serbaguna nan ada.

Salah satu kelebihan WordPress adalah kemudahan penggunaannya. Bahkan bagi mereka nan tidak mempunyai pengetahuan teknis nan mendalam, WordPress menyediakan antarmuka nan intuitif dan sederhana nan memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten dengan mudah.

Pengguna dapat membikin beragam jenis situs web menggunakan WordPress, termasuk blog pribadi, situs bisnis, situs berita, toko online, dan tetap banyak lagi.

WordPress juga menawarkan elastisitas nan luar biasa melalui penggunaan tema dan plugin. Tema adalah kreasi visual nan mengatur tata letak dan penampilan situs web, sementara plugin adalah tambahan fungsionalitas nan dapat meningkatkan keahlian situs web.

Tersedia ribuan tema dan plugin di WordPress nan bisa pengguna pakai dengan mudah untuk kustomisasi website sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, WordPress mempunyai organisasi pengguna nan sangat besar dan aktif di media sosial. Komunitas ini adalah wadah bagi para pengembang, desainer, dan pengguna WordPress lainnya untuk saling berbagi pengetahuan, sumber daya, serta memberikan dukungan.

Pengertian Localhost

Localhost adalah istilah nan digunakan untuk merujuk pada server web lokal nan dijalankan di komputer pribadi alias jaringan lokal. Ketika menginstal WordPress di localhost, Anda dapat mengembangkan dan menguji website secara lokal sebelum mempublikasikannya secara online.

Localhost memungkinkan Anda untuk mengakses website melalui browser dengan menggunakan alamat URL khusus, seperti "http://localhost" alias "http://127.0.0.1".

Dalam mode localhost, website nan Anda kelola tidak dapat diakses oleh orang lain di internet. Ini memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan desain, fungsi, dan konten tanpa cemas mengganggu website nan sudah berjalan.

Selain itu, localhost juga memudahkan developer dalam menguji situs web pada beragam konfigurasi dan lingkungan pengembangan. Misalnya, pengguna dapat menguji kompatibilitas situs web dengan jenis PHP, database, alias plugin tertentu sebelum mengaplikasikannya di server web aslinya. Hal ini membantu dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum visitor mengakses website.

Dalam pengembangan WordPress, localhost sering digunakan dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak seperti XAMPP, WAMP, alias MAMP nan menyediakan lingkungan server web lokal komplit dengan Apache, MySQL, dan PHP. Aplikasi ini membikin proses instalasi dan konfigurasi WordPress di localhost menjadi lebih mudah dan cepat.

Ketahui juga 5 plugin cache WordPress terbaik agar website lebih cepat dan cara mengganti tema WordPress agar tampilan website lebih menarik.


Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Simak tahapan-tahapan nan perlu dilakukan untuk menginstal WordPress di Localhost. Sebelum memulai, pastikan Anda telah mendownload WordPress terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download WordPress

Pertama, buka web browser seperti Google Chrome alias lainnya dan ketikkan "download WordPress" pada kotak pencarian browser.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Pilih situs resmi WordPress, lampau cari dan klik tombol download WordPress jenis terbaru.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

2. Ekstrak File WordPress

Setelah proses download selesai, buka file WordPress nan telah Anda unduh. Ekstrak file tersebut dengan mengklik kanan dan memilih "Extract here."

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

3. Pindahkan Folder Hasil Ekstrak WordPress ke htdocs

Sekarang, buka aplikasi XAMPP nan sebelumnya telah Anda instal di perangkat komputer dan klik Start pada kolom Action di Module Apache dan MySQL.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Kemudian, cari berkas "htdocs" pada instalasi XAMPP di komputer. Salin file WordPress nan telah diekstrak ke dalam berkas ini.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

4. Buat Database

Buka phpMyAdmin melalui localhost dengan memasukkan alamat localhost/phpmyadmin pada bilah alamat browser.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Lalu, buatlah database baru dengan nama sesuai keinginan, misalnya "wordpress".

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

5. Mulai Instalasi

Buka kembali web browser dan ketikkan "localhost/nama-folder-wordpress" di bilah alamat. Ikuti langkah-langkah instalasi dengan memasukkan info nan diperlukan seperti titel situs, username, password, dan alamat email.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

6. Selesaikan Instalasi

Klik "Install WordPress" dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Setelah muncul pesan "WordPress has been installed", klik "Log In" untuk masuk ke menu pengurus WordPress.

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Cara Install WordPress di XAMPP Localhost

Akhirnya, kita telah sukses menginstal WordPress pada XAMPP localhost. Sekarang Anda bisa memanfaatkan WordPress untuk beragam keperluan baik itu untuk membikin blog, company profile perusahaan, toko online, dan sebagainya.

Jelajahi juga fitur-fitur nan tersedia seperti tema dan plugin sertai lakukan kustomisasi website WordPress melalui panel administrator.

Terima kasih telah menyimak pedoman seputar langkah install WordPress di XAMPP Localhost ini dan sampai bertemu di tutorial-tutorial berikutnya. Semoga berhasil!

Selengkapnya
Sumber Blogging Malas Ngeblog
Blogging Malas Ngeblog