Cara Ekstrak File Pada Laptop dan PC

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Mungkin tetap banyak dari Anda nan bingung gimana langkah ekstrak file nan diarsipkan di laptop alias pc. Kenapa kudu dilakukan ekstrak file dan kenapa file kudu diarsipkan terlebih dulu sebelum dikirim.

Mengirim file dalam jumlah banyak alias besar dapat dilakukan dengan efisien andaikan file – file tersebut diarsipkan terlebih dulu menjadi 1 file untuk dikirim, dan dilakukan ekstrak file oleh penerimanya. Mentransfer alias mengirim 1 file bakal lebih sigap dibandingkan Anda kudu mengirim serta mendownload lebih dari 1 file, terlebih andaikan file – file tersebut hingga ratusan jumlahnya.

Anda pasti sering menemui file – file nan sudah diarsipkan baik dalam email maupun situs lainnya. Umumnya file arsip ini mempunyai format file berupa .zip, .rar, alias .tar. File arsip untuk membuka alias memandang isinya maka Anda perlu melakukan ekstrak file terlebih dahulu

Cara Mengarsipkan File Menjadi 1 File

Jika Anda mau mengirimkan file nan jumlah banyak, Anda dapat membikin file tersebut menjadi 1 format file arsip dengan format .zip, .tar, alias .rar terlebih dahulu. Cara nan dilakukan juga cukup mudah dan cepat.

Pertama, pastikan pada komputer Anda terdapat program seperti winzip, winrar. Program ini dibutuhkan untuk mengarsipkan file – file.

Kedua, Anda dapat memilih file nan mau diarsipkan, lampau klik kanan pada file tersebut. Contoh dibawah ini menunjukkan 2 file nan bakal diarsipkan

arsip rar

Langkah ketiga, Anda dapat langsung memilih Add to “nama folder.rar” untuk langsung membikin file arsip secara otomatis. Jika Anda mau melakukan beberapa pengaturan, dapat dilakukan dengan memilih pilihan Add to archive.

Pilihan Add to archive memungkinkan Anda untuk memilih format save dari file, membagi alias membikin arsip menjadi beberapa bagian (part 1, part 2, dst), hingga membikin password. Dengan adanya password, maka sebelum file dapat diekstrak, perlu memasukkan password terlebih dahulu.

cara ekstrak file detail

Selain file, Anda juga dapat mengarsipkan berkas secara langsung beserta isi / konten file di dalamnya. Perlu diingat, seberapa sigap proses mengarsipkan file ini bakal tergantung pada seberapa banyak alias besar file nan bakal diarsipkan.

Cara Ekstrak File Pada Laptop dan PC

Lalu gimana caranya melakukan ekstrak file pada file arsip? Caranya juga cukup sederhana dan praktis.

rar icon

Umumnya file arsip bakal mempunyai tampilan seperti di atas (tergantung pada program apa nan Anda gunakan, icon mungkin berbeda). Anda cukup lakukan klik dua kali untuk membuka file arsip tersebut. Jika Anda menggunakan winrar, maka Anda bakal mendapatkan tampilan seperti ini

Selanjutnya Anda dapat langsung memilih extract to dan memilih berkas alias direktori tempat file tersebut bakal disimpan. Pilihan extract to bakal langsung mengcopy dan memindahkan seluruh isi file arsip ke direktori nan Anda pilih.

Sebaliknya jika Anda hanya menginginkan beberapa file saja, Anda dapat memilih file nan Anda kehendaki, dan melakukan ekstrak pada file tersebut saja.

Cara ekstrak file ini juga bertindak sama secara garis besar dengan program lainnya seperti winzip alias 7zip.

Keuntungan dari Mengarsipkan File

Setelah mengetahui langkah ekstrak file pada komputer, lantas apa saja untung alias kelebihan melakukan archiving alias mengcompress file seperti ini untuk kemudian diekstrak lagi oleh penerima? Ada beberapa untung nan bisa Anda dapatkan:

  1. Anda cukup mengirim satu file nan sudah disatukan ke dalam arsip saja
  2. Tidak perlu mengirim file dalam jumlah banyak alias besar, dan penerima juga cukup mendownload satu file
  3. File arsip dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Ini berfaedah jika file nan bakal Anda kirim cukup besar
  4. Mengarsipkan file juga dapat mengkompres ukuran file sehingga ukurannya dapat menjadi lebih mini dibandingkan file aslinya
  5. Anda dapat memberikan password pada file nan dikirim sehingga lebih aman.
Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka