Brasil berharap KTT iklim COP30 meningkatkan ekowisata Oleh Reuters

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Oleh Anthony Boadle

BRASILIA (Reuters) – Pejabat pariwisata Brasil berambisi dapat mengubah gambaran negara tersebut sebagai surga bagi visitor pantai nan berpakaian minim dengan menjadi tuan rumah pembicaraan suasana PBB tahun depan di kota rimba hujan Amazon (NASDAQ:) Belem nan bakal konsentrasi pada kelestarian lingkungan dan mengakhiri penggundulan rimba untuk memperlambat pemanasan international.

KTT ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Brazil sebagai tujuan ekowisata dan meningkatkan kunjungan ke rimba hujan Amazon dan bioma lainnya nan menawarkan keanekaragaman hayati terbesar di dunia, kata Menteri Pariwisata Celso Sabino.

Hanya 9% visitor Brasil saat ini nan merupakan ekowisata, sementara nyaris dua dari setiap tiga visitor datang untuk berjemur dan pantai, katanya dalam sebuah wawancara pada Selasa malam.

“Pariwisata sangat krusial bagi kelestarian dan pelestarian hutan, membawa pembangunan ekonomi nan diperlukan bagi masyarakat setempat,” katanya.

Menarik lebih banyak visitor lingkungan hidup dan petualangan adalah bagian dari rencana pemerintah untuk meningkatkan pariwisata secara keseluruhan di Brasil, nan tergolong rendah dibandingkan negara lain. Pariwisata menyumbang kurang dari 8% PDB Brasil, dibandingkan dengan lebih dari 20% di Spanyol, Portugal alias Republik Dominika, katanya.

Sabino sedang berupaya memperluas penerbangan ke Brasil dan bakal menghadiri pameran Seatrade Cruise International di Miami minggu depan untuk membahas peningkatan jumlah kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan Brasil.

Semua langkah untuk meningkatkan pariwisata asing dan domestik disambut baik oleh perusahaan swasta nan mengeluhkan jumlah visitor nan tetap stagnan dan berada di bawah tingkat sebelum pandemi.

“Brasil mempunyai panggilan alami untuk ekowisata mengingat keanekaragaman hayatinya nan unik. Ada potensi besar nan bisa dimanfaatkan,” kata Marina Figueiredo, presiden pelaksana Braztoa, asosiasi operator tur Brasil.

 Seorang pemuda melompat ke perairan Teluk Guanabara, di samping kapal pesiar nan berlabuh di pelabuhan Rio de Janeiro, di Rio de Janeiro, Brasil, 17 Maret 2020. REUTERS/Ricardo Moraes/File Foto

Wisatawan di seluruh bumi mencari pengalaman baru dengan alam dan satwa liar, kata Figueiredo kepada Reuters.

“COP30 tahun depan bakal lebih dari sekedar konferensi. Ini adalah aktivitas nan sangat strategis nan bakal menampilkan Brazil sebagai negara nan melindungi lingkungan dan melestarikan alam,” ujarnya.

2024-04-04 08:33:34

www.making an investment.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita