Berapa Ukuran Tekanan Angin Ban Ideal untuk Berkendara

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Selain usia ban, ukuran tekanan angin ban ideal juga menjadi salah satu aspek krusial nan perlu diperhatikan saat berkendara. Ukuran angin ban mobil nan tidak sesuai selain rawan juga dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Ada banyak aspek nan mempengaruhi kebutuhan tekanan angin pada mobil, salah satunya adalah pada jenis mobil beserta dengan berat kendaraan tersebut. Biasanya setiap pabrikan mempunyai standar masing – masing nan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi dari mobil itu sendiri.

Dalam tulisan ini bakal dibahas mengenai akibat dan akibat dari ukuran tekanan angin ban nan kurang alias berlebihan serta gimana mengetahui ukuran tekanan angin ban ideal dan kondusif untuk berkendara.

Bahaya Tekanan Angin Ban Mobil Kurang

Tekanan angin pada ban mobil dapat berkurang secara berkala, terlepas dari apakah mobil tersebut digunakan alias tidak. Tekanan angin bakal berkurang lebih sigap andaikan mobil digunakan secara rutin alias setiap hari.

Biasanya pengendara bakal merasa tidak nyaman saat berkendara andaikan tekanan angin pada ban kendaraan sudah kurang. Salah satu nan dirasakan misalnya tarikan mobil menjadi lebih berat. Selain tidak nyaman, ada beberapa ancaman dari membiarkan tekanan mobil kurang dan tidak diisi kembali, antara lain:

  1. Ban lebih mudah slio
  2. Kendaraan menjadi tidak seimbang
  3. Tarikan kendaraan lebih berat
  4. Pengereman menjadi tidak optimal
  5. Ban menjadi sigap rusak dan mengalami pengikisan / kebotakan tidak merata
  6. Lebih royal BBM

tekanan angin ban ideal

Bahaya Tekanan Ban Mobil Berlebihan

Apabila tekanan angin pada ban sudah kurang, maka Anda perlu menambah angin pada ban nan tekanan anginnya kurang. Namun sebaiknya Anda juga tidak mengisi tekanan angin pada ban hingga berlebihan.

Mungkin Anda berpikir mengisi alias menambah angin hingga tinggi agar lebih lama berkurangnya. Namun ternyata, tekanan angin nan berlebih juga dapat membahayakan keselamatan. Berikut ini beberapa ancaman dari tekanan ban mobil nan terlalu berlebihan, antara lain:

  1. Mobil menjadi lebih susah di rem
  2. Potensi mobil lenyap kendali dalam kecepatan tinggi lebih besar
  3. Mobil menjadi tidak stabil
  4. Ban mudah slip
  5. Ban berpotensi meledak

Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Angin Ban Ideal

Untuk menghindari ketidaknyamanan serta menghindari ancaman saat berkendara, Anda perlu melakukan pengecekan tekanan angin pada ban mobil secara berkala. Umumnya di setiap SPBU sekarang terdapat tempat untuk mengisi tekanan angin.

Anda dapat memanfaatkan perihal tersebut untuk mengecek tekanan angin pada ban kendaraan Anda saat mengisi bensin di SPBU. Apabila kurang, segera lakukan tambah angin. Pastikan Anda mengisi alias menambah tekanan angin pada ban sesuai dengan standar pabrikan.

ukuran tekanan angin

Untuk mengetahui tekanan angin nan ideal untuk kendaraan Anda, Anda dapat mengeceknya pada kitab petunjuk nan diberikan oleh pabrikan mobil. Atau langkah lain adalah dengan memeriksa bagian bawah pada pilar sebelah kanan bagian pengemudi.

Pada bagian dalam pilar sebelah kanan ini, biasanya terdapat stiker petunjuk nan memberi tahu info mengenai tekanan ban baik untuk ban bagian depan maupun bagian belakang nan sesuai dengan standar pabrik. Anda dapat menggunakan stiker ini sebagai petunjuk dan pedoman saat mengisi tekanan angin.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka