Beda RAM dan ROM pada HP dan Komputer. Awas Keliru!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Saat memilih laptop alias smartphone, mungkin banyak dari kita tetap bingung bakal beda ram dan rom pada hp dan komputer. RAM dan ROM merupakan istilah nan sering kita dengar saat memilih laptop, komputer hingga smartphone.

Baik RAM maupun ROM sama – sama menunjukkan keahlian alias spesifikasi nan dimiliki dari komputer, laptop alias smartphone. Akan tetapi, baik RAM alias ROM mempunyai perbedaan nan signifikan dari segi fungsinya. Salah dalam memahami RAM dan ROM dapat membikin Anda salah memilih spesifikasi untuk laptop alias smartphone.

Pada tulisan kali ini bakal dibahas singkat mengenai beda dari RAM dan ROM serta apa saja kegunaan dan kegunaan dari kedua perangkat tersebut.

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM menyimpan info program aplikasi pada komputer, laptop hingga smartphone saat perangkat dalam kondisi menyala. RAM juga berfaedah untuk menyimpan info dari aplikasi saat sedang digunakan.

beda ram dan rom

Secara awam, RAM dapat dipahami sebagai perangkat alias modul nan berfaedah agar komputer alias smartphone tidak lemot. Semakin tinggi alias besar RAM, maka perangkat dapat beraksi dengan mudah dan cepat.

Pengertian ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. Secara awam, istilah ROM mungkin dapat diartikan sebagai storage alias kapabilitas penyimpanan data. Hal ini tidak lepas dari kegunaan ROM untuk menyiimpan info nan berkarakter permanen.

ROM digunakan saat Anda hendak menyimpan info alias file seperti dokumen, foto, video ke dalam perangkat.

Perbedaan RAM dan ROM pada HP dan Komputer

Setelah memahami pengertian dasar dari RAM dan ROM, tentu Anda sudah mempunyai gambaran dari kegunaan RAM dan ROM baik pada smartphone alias komputer dan laptop. Ada sejumlah perihal mendasar nan membedakan antara RAM dan ROM, antara lain:

Kapasitas

RAM mempunyai kapabilitas dengan ukuran mulai dari MB hingga GB dan unik pada komputer alias laptop, RAM juga dapat ditingkatkan kapasitasnya. Sedangkan pada smartphone, biasanya RAM sudah sesuai dengan spesifikasi dari produsen dan tidak bisa ditambahkan.

Beberapa smartphone mempunyai RAM hingga 6 GB, 8 GB apalagi hingga 12GB. Sedangkan pada laptop alias komputer ukuran RAM mulai dari 4 GB, 8 GB, hingga 128 GB dan lebih tergantung kustomisasi.

Berbeda dengan ROM, ROM biasanya mempunyai ukuran nan jauh lebih besar lantaran digunakan untuk menyimpan data. Pada smartphone, ukuran ROM bervariasi mulai dari 64 GB, 128 GB, alias 256 GB misalnya.

Pada komputer alias laptop, ukuran ROM sering disamakan dengan kapabilitas storage alias besar harddisk nan digunakan. Pada harddisk biasanya ukuran penyimpanan seperti 1TB, 2TB.

Sifat Penyimpanan Data

Data nan disimpan pada ROM alias storage pada smartphone dan komputer bakal berkarakter permanen alias tidak lenyap saat perangkat dimatikan. Data bakal lenyap jika dihapus oleh pengguna. Sebaliknya, penyimpanan info pada RAM hanya berkarakter sementara, misalnya saat aplikasi digunakan. Data pada RAM bakal lenyap jika aplikasi dimatikan alias perangkat di-restart misalnya.

Daya nan Digunakan

ROM tidak memerlukan daya listrik untuk menyimpan dan menjaga info alias file nan tersimpan di dalamnya. Hal ini nan menyebabkan info alias file kita nan sudah tersimpan tidak lenyap meski smartphone, komputer, alias laptop meninggal alias di-restart.

Sebaliknya, RAM memerlukan daya listrik untuk menyimpan data. Sifatnya hanya sementara, sehingga jika perangkat dimatikan, file alias info bakal hilang.

Demikian penjelasan dan perbedaan dari RAM dan ROM. Dengan memahami perbedaan antara keduanya, Anda dapat lebih mudah menentukan spesifikasi dari smartphone alias laptop dan komputer nan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka