Arti 12 Istilah Medis yang Sering Anda Dengar

Sedang Trending 6 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Dunia medis bisa dibilang mempunyai bahasanya sendiri. Ini memang mempunyai tujuan, agar orang awam tidak bisa sembarangan dan perlu dibantu oleh para tenaga ahli untuk perawatan kesehatan mereka. Tapi, bukan berfaedah Anda tidak perlu mengetahui beberapa istilah medis dasar.

Berikut adalah 12 istilah medis nan mungkin sering Anda dengar dan juga uraian definisinya:

Diagnosis
Diagnosis adalah identifikasi terhadap sesuatu penyakit. Istilah medis ini sering diucapkan master kepada pasiennya, ketika seorang pasien menderita penyakit tertentu, contohnya saja seperti “Anda di pemeriksaan penyakit glukosuria mellitus“.

Skrining
Skrining adalah penemuan awal untuk mengetahui apakah seseorang mempunyai penyakit alias tidak. Istilah medis ini sangat sering didengar didalam suatu paket pemeriksaan tes darah, contohnya saja seperti tes skrining pemeriksaan tumor payudara.

Akut
Akut adalah gambaran suatu kondisi alias penyakit nan terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat dan biasanya menunjukkan gangguan nan serius. Dan tentunya kata ini sangat identik dengan suatu “penyakit”.

Kronis
Kronis adalah gambaran suatu kondisi alias penyakit nan terjadi dalam periode berulang terjadi perlahan lahan dan semakin serius. Dan tentunya istilah medis ini sangat identik dengan suatu “penyakit”.
Faktor Resiko
Faktor resiko merupakan karakteristik, kebiasaan, tanda nan tampak alias tak tampak pada perseorangan alias populasi sebelum terserang suatu penyakit. Dari aspek resiko ini nan kemudian dijadikan dasar penentuan tindakan pencegahan dan penanggulangan. Contohnya saja seperti seseorang nan sering merokok, maka orang tersebut mempunyai aspek resiko penyakit jantung, maka alangkah lebih baik jika tidak merokok.
Mortalitas
Mortalitas adalah istilah nan digunakan untuk menghitung jumlah orang nan meninggal dalam suatu populasi. Contohnya saja seperti adanya musibah alam tanah longsor, maka kata ini bakal menjadi salah satu kata nan bakal Anda dengar.

Morbiditas
Morbiditas adalah istilah nan merujuk pada keadaan sakit alias tidak sehat dalam suatu populasi. Dengan kata lain, morbiditas merupakan nomor nan sering digunakan untuk menggambarkan pola penyakit nan terjadi di masyarakat

Kemoterapi
Kemoterapi adalah pengobatan nan dilakukan untuk merusak alias membunuh sel-sel kanker secara menyeluruh. Tujuan kemoterapi adalah untuk mencegah kanker agar tidak menyebar, memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, membunuh sel kanker nan sudah menyebar dan meredakan alias mengurangi penyakit kanker.

Transfusi Darah
Transfusi darah merupakan proses menyalurkan darah satu orang ke sistem peredaran darah orang lainnya. Dan transfusi darah dengan donor darah merupakan kata nan sangat berbeda maknanya.

Trombus
Trombus adalah sumbatan akibat lemak di pembuluh darah. Dan tentunya kata ini sangatlah identik dengan “darah”.

Antibodi
Antibodi adalah suatu protein nan sudah di pecah nan terbentuk sebagai respon ketahanan tubuh terhadap barang asing (antigen) nan tidak dikenali tubuh dan bakal bereaktif terhadap anti gen tersebut. Biasanya kata ini bakal sangat identik dengan kata “imunisasi” dan “sistem kekebalan tubuh”.

Antigen
Benda asing nan tidak di kenali oleh tubuh. Banyak orang nan tetap asing mendengar kata ini, padahal kata ini sangat identik dengan kata “antibodi”.

Setelah memahami beragam istilah medis di atas, jangan lupa juga untuk memeriksakan kesehatan Anda secara rutin. Sekedar mengerti istilahnya saja tentu tidak ada gunanya tanpa mengambil tindakan untuk menjaga kesehatan. Dapatkan beragam paket pemeriksaan kesehatan dari Triasse untuk Anda secara individual alias perusahaan di Bhinneka.Com pada link Triasse

Sumber : www.triasse.com

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka