Apa Tugas Akuntan Publik ? Jenis dan Syarat Jadi Akuntan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Apa pengertian akuntan publik ? Apa saja tugas akuntan publik ? Apa saja jenis akuntan dan gimana caranya menjadi akuntan publik ? Akuntan publik adalah salah satu pekerjaan nan dibutuhkan oleh pemilik upaya alias perusahaan besar. Akuntan publik dibutuhkan untuk melakukan audit dan pemeriksaan laporan finansial sebuah perusahaan.

Tugas akuntan publik adalah memeriksa laporan keuangan. Informasi laporan finansial dari akuntan publik nan baik bisa mempengaruhi gambaran perusahaan. Citra perusahaan bakal jatuh jika akuntan publik tidak memberikan laporan finansial nan baik.

Selain memeriksa laporan keuangan, tugas akuntan publik ada banyak, contohnya: menghitung dan mengusulkan pajak penghasilan, mengikuti perkembangan peraturan fiskal, meninjau catatan keuangan, dan memberi saran tentang akuntansi umum.

Pengertian Akuntan Publik

pengertian akuntan publik

Akuntan publik adalah pekerjaan nan memberi jasa akuntasi ahli untuk perseorangan alias perusahaan secara independen. Secara umum pengertian akuntan adalah mahir akuntansi nan bekerja membimbing, mengawasi, dan memperbaiki pembukuan dan manajemen perusahaan, upaya individu, alias lembaga pemerintah.

Akuntan publik merupakan akuntan independen nan memberi jasa akuntansi dan menerima pembayaran atas jasa nan diberikannya. Profesi ini mempunyai banyak tugas, bukan hanya memeriksa laporan keuangan, akuntan publik juga bekerja untuk akuntansi manajemen, audit pajak, audit laporan keuangan, dan lainnya.

Akuntan dibagi jadi dua, ialah akuntan publik dan intern. Akuntan publik merupakan seorang akuntan nan memberi jasa untuk melayani kebutuhan masyarakat umum. Sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2022 tentang Akuntan Publik, seorang akuntan publik kudu mempunyai izin dari Menteri Keuangan alias pejabat nan berkuasa untuk menjalankan praktik akuntan publik.

Akuntan publik nan bagus juga mempunyai Certified Public Accountant (CPA) sebagai sertifikasi tertinggi pekerjaan akuntan publik di Indonesia dan berbasis kompetensi individu. Kemudian menurut Peraturan Kemenkeu No 443/KMK.01/2011 menyatakan bahwa setiap akuntan publik wajib menjadi personil IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia).

Tugas Akuntan Publik

tugas akuntan publik

Setelah mengetahui apa itu akuntan publik, selanjutnya mari ketahui apa saja tugas akuntan publik. Tugas utama akuntan publik adalah memeriksa laporan finansial nan dibuat oleh akuntan intern dari perusahaan pengguna nan memerlukan jasanya. Akuntan publik memeriksa apakah ada kesalahan dalam laporan finansial perusahaan.

Selain itu, tugas akuntan publik adalah memastikan agar laporan finansial sesuai standar finansial Indonesia. Akuntan publik juga bekerja membantu perusahaan pengguna untuk membikin laporan pajak agar bebas dari masalah perpajakan, contohnya SPT tahunan nan tidak valid, kelebihan bayar pajak, alias ada transaksi nan belum dibayar pajaknya.

Tugas akuntan publik lainnya adalah memeriksa laporan kepemilikan terhadap aset perusahaan. Tujuannya agar perusahaan bebas dari penyitaan aset alias sengketa atas aset nan dibeli alias dimiliki. Setelah akuntan publik memeriksa laporan keuangan, selanjutnya tugas akuntan publik adalah menyampaikan info hasil auditnya ke publik secara transparan.

Tugas akuntan publik nan sangat berfaedah untuk kliennya adalah bisa memberikan solusi finansial untuk pengguna agar bisa membikin keputusan dengan benar. Akuntan publik bisa memberikan pengarahan untuk mengalokasikan keuangannya untuk mengelola aset, rekrut karyawan, alias mengelola modal bisnis.

Jadi bisa disimpulkan, berikut ini tugas-tugas akuntan publik:

  • Memeriksa laporan finansial perusahaan klien
  • Memastikan perusahaan pengguna sudah mematuhi peraturan pajak di Indonesia
  • Menghitung pendapatan dan pajak serta urusan manajemen perpajakan
  • Mengaudit info dan menyampaikan info laporan finansial ke stakeholder klien
  • Mengelola akuntasi umum dan arus kas perusahaan klien
  • Memberi saran untuk pengambilan keputusan tentang pengeluaran biaya, pajak, dan keuangan.

Jenis-Jenis Jasa Akuntan Publik

Selain memeriksa laporan finansial perusahaan klien, akuntan publik mempunyai beragam jenis jasa nan bisa ditawarkan ke perusahaan alias perseorangan nan membutuhkan. Berikut ini jenis jasa akuntansi publik:

1. Jasa Akuntansi Pembukuan

Jasa akuntansi pembukuan adalah jenis jasa akuntan publik nan paling umum ditawarkan. Tujuan akuntansi pembukuan adalah untuk mengawasi dan memastikan keakuratan info finansial perusahaan klien. Jasa ini bakal melibatkan pencatatan finansial akun dengan mendokumentasikan data-data transaksi seperti: laba, rugi, arus kas, dan lainnya.

2. Jasa Akuntansi Perpajakan

Jasa akuntansi perpajakan ini hanya konsentrasi mengurusi perpajakan dari perusahaan klien. Akuntan publik bekerja memastikan perpajakan kliennya sudah sesuai dengan ketentuan norma di Indonesia. Harapannya pengguna tidak bakal menghadapi masalah norma alias pajak.

Akuntan publik juga bekerja menentukan strategi pajak untuk pengguna mereka. Akuntan publik menyiapkan arsip mengenai pajak, mengatur audit dengan otoritas perpajakan nan berwenang, menafsirkan undang-undang perpajakan, dan menjelaskan setiap perubahan peraturan pajak dari Undang-Undang perpajakan nan dikeluarkan pemerintah.

3. Jasa Konsultasi Manajemen

Jenis jasa akuntan publik nan terakhir adalah jasa konsultasi manajemen. Jasa ini meliputi konsultasi untuk membikin laporan finansial perusahaan agar lebih baik dan hasil auditnya lebih bagus.

Syarat Menjadi Akuntan Publik

syarat jadi akuntan publik

Tugas akuntan publik nan kompleks dan krusial lantaran mengenai dengan image perusahaan pengguna memerlukan banyak persyaratan agar lebih dipercaya. Berikut ini beberapa syarat nan wajib Anda penuhi jika mau jadi seorang akuntan publik sesuai UU nomor 5 tahun 2011 pasal 5 ayat 1.

  1. Memiliki Sertifikat Tanda Lulus nan sah dari IAPI, atau
  2. Sertifikat dari perguruan tinggi nan mempunyai akreditas pendidikan pekerjaan akuntan publik
  3. Menyerahkan bukti mengikuti PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) dengan jumlah SKS minimal 60 Satuan Kredit PPL (SKP) selama 2 tahun
  4. Memiliki pengalaman praktik di bagian audit umum dengan jumlah minimal 1000 jam kerja dalam 5 tahun nan sudah diresmikan oleh ketua instansi KAP (Kantor Akuntan Publik)
  5. Berdomisili di wilayah Republik Indonesia
  6. Memiliki KTP dan NPWP
  7. Merupakan personil IAPI dan tidak pernah menerima hukuman pencabutan izin dan tidak pernah dipidana
  8. Tidak sedang dalam pengampunan
  9. Melengkapi Surat Permohonan Izin Akuntan Publik
  10. Membuat surat pernyataan tidak merangkap jabatan
  11. Surat pernyataan bahwa semua info nan disampaikan sudah betul dilengkapi materai.

Itulah pengertian akuntan publik beserta tugas akuntan publik nan kudu Anda ketahui. Tugas akuntan publik sangat krusial untuk memastikan laporan finansial perusahaan Anda sesuai dengan standar finansial Indonesia. Akuntan publik juga bisa bantu mengurusi perpajakan upaya Anda. Cari dan dapatkan jasa konsultasi ahli di Bhinneka.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka