Apa Beda AM dan PM Serta Contoh Penggunaannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Seringkali banyak dari kita tetap merasa bingung apa beda AM dan PM dalam penggunaan sehari – hari. Kedua istilah ini, ialah AM dan PM sering digunakan dalam percakapan alias komunikasi Bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu.

Selain untuk menunjukkan waktu dalam percakapan lisan maupun tertulis, penggunaan AM dan PM juga sering ditemui pada arloji alias jam meja dengan format digital. Jam tangan alias jam digital dengan format waktu 12H menggunakan AM dan PM untuk membedakan siang dan malam.

Dalam tulisan ini bakal dibahas dengan singkat mengenai masing – masing istilah AM dan PM dan gimana penggunaannya. Hal ini agar kita tidak keliru lagi dalam penyebutan dan penggunaan AM dan PM lantaran bisa – bisa membikin orang keliru dan salah waktu.

Pengertian Istilah AM

AM berasal dari bahasa latin dan mempunyai kepanjangan Ante Meridiem. Ante Meridiem (AM) digunakan untuk menunjukkan waktu sebelum siang. Untuk penulisan, Ante Meridiem biasa disingkat dengan AM, am, alias a.m.

Kata AM digunakan untuk menunjukkan periode waktu selama 12 jam nan dimulai dari jam 12 tengah malam hingga jam 12 siang.

Pengertian Istilah PM

PM berasal dari bahasa latin dan mempunyai kepanjangan Post Meridiem. Post Meridiem (PM) digunakan untuk menunjukkan waktu sesudahsiang. Untuk penulisan, Post Meridiem biasa disingkat dengan PM, pm, p.m

Kata PM digunakan untuk menunjukkan periode waktu selama 12 jam nan dimulai dari jam 12 tengah siang hingga jam 12 malam.

beda am dan pm

Contoh Penggunaan Istilah Beda AM dan PM

Agar lebih mudah dan tidak bingung, berikut ini bakal dijelaskan singkat mengenai penggunaan AM dan PM. Dalam format waktu 24 jam kita mengenal penulisan waktu sebagai berikut:

00.00 – 23.59

Akan tetapi dalam format waktu 12 jam nan menggunakan AM dan PM, kita perlu membagi menjadi 2 periode waktu sebagai berikut:

  • Tengah malam hingga siang: 00.00 – 11.59AM
  • Tengah siang hingga tengah malam: 12.00 – 11.59PM

Jadi jika kita mau memberi tahu orang pukul 7 malam, maka kita bakal menuliskan alias menyebut pukul 07.00 PM. Sebaliknya jika kita bermaksud menyebut pukul 10.30 siang, maka kita menggunakan 10.30 AM.

Dikarenakan istilah AM dan PM ini sudah menunjukkan periode waktu, maka kedua istilah ini hanya digunakan untuk format waktu 12 jam saja dan tidak digunakan untuk format waktu 24 jam. Misalnya, tidak ada penyebutan seperti : 20.30 PM

Anda cukup memilih salah satu saja. Apakah menggunakan format waktu 24 jam, ialah 20.30 untuk menunjukkan pukul separuh sembilan malam, alias menggunakan format waktu 12 jam, ialah 8.30 PM.

Demikian penjelan singkat mengenai perbedaan dan langkah penggunaan istilah AM dan PM agar Anda tidak bingung lagi. Jangan sampai salah menggunakannya ya.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka