Anggota parlemen AS Cuellar dikenai tuduhan suap terkait dengan Azerbaijan, financial institution Meksiko Oleh Reuters

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Oleh Sarah N. Lynch

WASHINGTON (Reuters) – Perwakilan AS Henry Cuellar dan istrinya didakwa menerima suap nyaris $600.000 dalam dua skema nan dimaksudkan untuk menguntungkan perusahaan daya milik negara Azerbaijan dan financial institution nan tidak disebutkan namanya nan berbasis di Meksiko, menurut arsip pengadilan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dakwaan federal, nan dikembalikan oleh majelis juri di Texas pada hari Selasa dan dibuka pada hari Jumat, mengatakan bahwa suap tersebut dicuci melalui perjanjian konsultasi tiruan ke perusahaan-perusahaan cangkang nan dimiliki oleh Imelda Cuellar, istri personil kongres dari Partai Demokrat, dari Desember 2014 hingga setidaknya November 2021.

Sebagai imbalannya, dikatakan bahwa Henry Cuellar berupaya menggunakan posisi publiknya untuk mempengaruhi kebijakan luar negeri AS demi kepentingan Azerbaijan dan menekan pejabat pemerintah AS untuk membantu lobi financial institution Meksiko terhadap kebijakan anti pencucian duit dan peraturan pinjaman penghasilan nan menakut-nakuti bisnisnya.

Sebelum dakwaan dibuka, Cuellar mengeluarkan pernyataan nan membantah tuduhan tersebut.

“Saya dan istri saya tidak bersalah atas tuduhan ini,” kata Cuellar.

Salah satu personil Partai Demokrat paling konservatif di Dewan Perwakilan Rakyat, Cuellar mengincar masa kedudukan dua tahunnya nan kesebelas dalam pemilu 5 November. Dia mewakili distrik Texas nan berbatasan dengan Meksiko dan mencakup Laredo dan sebagian San Antonio.

Surat dakwaan setebal 54 laman itu mengidentifikasi financial institution tersebut hanya sebagai “Financial institution Asing-1”, sebuah lembaga berbasis di Mexico Town nan melakukan pinjaman penghasilan di AS dan merupakan bagian dari perusahaan induk finansial dan ritel Meksiko nan juga mempunyai perusahaan media Meksiko.

Hal ini tampaknya sejalan dengan Grupo Salinas, konglomerat besar nan dikendalikan oleh miliarder Meksiko Ricardo Salinas, nan kerajaan bisnisnya mencakup Banco Azteca. Dakwaan tersebut juga memberikan rincian identitas seorang pelaksana financial institution nan tampaknya cocok dengan pelaksana Banco Azteca nan baru saja pensiun.

Iklan pihak ketiga. Bukan tawaran alias rekomendasi dari Making an investment.com. Lihat pengungkapan

Di Sini

alias
Hilangkan iklan
.

“Saat ini, kami tidak mempunyai info mengenai perihal ini,” kata pelaksana Grupo Salinas, Luciano Pascoe, kepada Reuters melalui e mail sebagai tanggapan atas permintaan komentar.

Cuellar bakal mengundurkan diri sebagai personil subkomite Alokasi Keamanan Dalam Negeri sementara kasusnya tertunda, kata ahli bicara Pemimpin Minoritas DPR dari Partai Demokrat Hakeem Jeffries.

Rumah Cuellar dan instansi kampanye di Laredo digeledah oleh penegak norma federal pada Januari 2022, ketika Cuellar menjabat sebagai salah satu ketua Kaukus Kongres Azerbaijan.

Dalam kapasitasnya, dia dan beberapa personil Kongres lainnya menandatangani surat nan mendesak Kongres memberikan support kemanusiaan guna membantu para pengungsi akibat perang antara Azerbaijan dan Armenia.

Dakwaan tersebut antara lain menyebut support Cuellar dalam memberikan biaya kepada Azerbaijan dan pidato pro-Azerbaijan nan dia sampaikan di DPR.

Cuellar mengatakan dalam pernyataannya bahwa dia telah meminta nasihat norma dari Komite Etik DPR dan firma norma nasional.

“Kami meminta pertemuan dengan jaksa Washington DC untuk menjelaskan faktanya dan mereka menolak membicarakan kasus ini dengan kami alias mendengarkan pihak kami,” tambahnya.

Departemen Kehakiman mengatakan Cuellar dan istrinya pertama kali datang di hadapan pengadil federal di Houston pada hari Jumat. Mereka dibebaskan dengan jaminan.

Masing-masing orang tersebut menghadapi 14 dakwaan termasuk konspirasi, penyuapan, penipuan melalui jasa publik, menjadi pejabat publik nan bertindak sebagai pemasok dari perusahaan asing, dan pencucian uang.

Beberapa dakwaan diancam balasan maksimal 20 tahun penjara.

Iklan pihak ketiga. Bukan tawaran alias rekomendasi dari Making an investment.com. Lihat pengungkapan

Di Sini

alias
Hilangkan iklan
.

Cuellar bukan satu-satunya personil Kongres nan menghadapi tuntutan federal.

Senator Partai Demokrat Bob Menendez sedang menunggu persidangan atas tuduhan korupsi di New York, sementara George Santos dari Partai Republik tahun lampau dikeluarkan dari DPR sementara dia menunggu persidangan atas tuduhan melanggar undang-undang finansial kampanye.

Baik Menendez dan Santos membantah melakukan kesalahan.

2024-05-04 20:37:04

www.making an investment.com

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita