Alasan Mengapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Dengan cara yang berbeda

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kalian para pengguna motor roda dua, kemungkinan besarnya sudah mengerti bahwa ukuran ban depan serta belakang itu dengan langkah nan lain. Ban belakang motor roda dua mempunyai ukuran nan lebih besar sekali dibandingkan ban depan. Besar di sini juga berfaedah lebih lebar, Sobat Deltalube. Ambil contoh ukuran ban skutik, depan 80/90 dan belakang 90/90.

Angka pertama adalah 80 dan 90 merupakan lebar ban dalam satuan milimeter. Sedangkan nomor kedua adalah 90 merupakan facet ratio lebar ban dalam persen untuk memutuskan tinggi ban. Misalkan saja, ban depan dengan ukuran 80/90 mempunyai lebar 80 mm dan tinggi 72 mm (90% dari 80 mm). Sedangkan ban belakang dengan ukuran 90/90 mempunyai lebar 90 mm dan tinggi 81 mm.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa ban belakang motor lebih besar sekali dari ukuran ban depan. Ternyata perihal ini ada tujuannya ya Bro Deltalube. Ban depan dibuat lebih mini dari ban belakang, agar motor mempunyai dealing with nan lincah. Andai dibuat lebih lebar, maka keahlian berbelok sepertinya tidak bakal lincah. Contoh nan paling jelas adalah ukuran ban motor roda dua tremendous nan sangat dengan langkah nan lain antara ban depan serta belakang. Misalkan saja, ban depan bernomor 90/80 sedangkan ban belakang 190/55.

Baca juga: Mengenal Kode Ban Mobil

Sedangkan ban belakang dibuat lebih lebar, lantaran itu ban belakang berfaedah menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Ukuran nan lebih lebar bisa meningkatkan traksi, agar penyaluran tenaga lebih maksimal. Apalagi umpama motor digunakan oleh penumpang, beban di arena belakang tentu bakal lebih cukup banyak dibanding di bagian depan. Itu pula nan menjadi argumen ban belakang dibuat lebih besar sekali dibanding bagian depan.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita