Agar Tetap Sehat, Aman & Santun Saat Berkendara Motor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Media sosial belum lama ini dihebohkan dengan pesepeda nan menegur konvoi pengendara motor besar lantaran tidak mematuhi rambu lampau lintas. Mengendarai sepeda motor sebenarnya merupakan aktivitas nan menarik dan menyenangkan, namun diperlukan banyak latihan untuk menjadi pengendara berilmu dan percaya diri serta tentu saja butuh sikap disiplin dijalan raya, sehingga Anda bisa menikmati berkendara motor dengan kondusif dan nyaman.

motorcycle-rider-black-wallpaper-1600x500

Usia Diizinkan Mengendarai Motor

Syarat usia minimum boleh mengendarai motor bervariasi antara satu negara dan negara lain, namun di Indonesia Anda bisa mengusulkan permohonan memperoleh surat izin mengemudi saat usia Anda telah mencapai 17 tahun, sama dengan usia Anda boleh mengendarai mobil.

Cara Memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM)

Cari info mengenai di Samsat terdekat arsip apa saja nan kudu Anda siapkan sekaligus biaya nan dibutuhkan dalam proses pengurusan memperolah SIM. Tahap awal Anda kudu lulus proses administrasi, kesehatan kemudian Anda kudu lulus dalam ujian tertulis. Ujian ini untuk menguji pengetahuan Anda mengenai patokan keselamatan berkendara sepeda motor dan peraturan lampau lintas. Setelah lulus ujian tertulis Anda juga kudu bisa melewati ujian paraktik berkendara sepeda motor sehingga dianggap layak untuk memperoleh SIM.

Motorcycle school for Alexandra Straub story

Kursus Sepeda Motor Pemula

Salah satu langkah terbaik dan temudah gimana berkendara motor dengan baik adalah dengan mengambil kursus sepeda motor kelas pemula. Mengikuti kursus ini memberikan Anda kesempatan naik sepeda motor dengan pengawasan sebelum berkendara dijalan raya. Kursus kelas pemula dirancang bagi pengendara motor dengan sedikit alias tanpa pengalaman sama sekali. Peserta kursus bakal belajar mengenai jenis-jenis dan kegunaan kontrol sepeda motor, kemudian mulai mengembangkan dan mempraktekan mental dan skill untuk berkendara dengan aman.

Perhatikan Undang-undang Pengendara Sepeda Motor

Banyak patokan nan kudu Anda perhatikan sebelum mengendarai sepeda motor, sehingga perihal terbaik untuk dilakukan adalah mentaati semua peraturan nan berlaku. Sebagian contoh pengendara wajib menggunakan helm dan lampu kendaraan kudu tetap menyala pada siang hari.

brosur-keselamatan-berkendara-2

Salah satu argumen diwajibkannya penggunaan helm adalah untuk melindungi diri Anda dari batuan maupun puing nan bisa menghantam wajah Anda saat berkendara nan berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Alasan utama wajib memakai helm lantaran dapat melindungi Anda ketika terjadi kecelakaan dan mencegah masalah serius termasuk trauma kepala maupun cedera otak. Bukan hanya pengendara, penumpang pun wajib memakai helm. Bahkan medispun merekomendasikan agar selalu memakai helm saat naik sepeda motor.

Perlengkapan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor

MM_6Kamu memerlukan perlengkapan dasar untuk melindungi tubuh dari cedera, antara lain:

  • Helm nan pas untuk melindungi seluruh kepala dan wajah
  • Jaket terbuat dari bahan kuat seperti kulit nan bakal melindungi tubuh Anda dari cedera saat terjadi kecelakaan.
  • Pelindung alias deker nan melindungi bagian pergelangan dan engkel kaki
  • Sarung tangan nan terbuat dari bahan kuat seperti kulit

Penumpang juga kudu menggunakan perlengkapan nan sama dengan pengendara.

Peraturan Antar Pengendara Sepeda Motor

Pengendara motor mematuhi patokan lampau lintas nan sama dengan pengendara lain. Harus menghidupkan lampu sinyal saat memutar dan mematikannya setelah aman, melangkah pada sisi nan tepat, mendahului dari sebelah kanan dan alim pada patokan pemisah kecepatan. Selalu hati-hati saat berdekatan dengan kendaraan bermotor lainnya dan patokan menghidupkan lampu utama disiang hari bermanfaat, agar pengendara motor tetap terlihat oleh pengendara kendaraan lain terutama mobil.

motorcycle-hand-gestures-chart

Pengendara Motor Perlu Perhatikan Ini

  • Ketika mengendarai sepeda motor, Anda tidak dilindungi oleh sangkar besi seperti mobil
  • Sepeda motor mempunyai ukuran lebih mini dan mempunyai lampu lebih sedikit dari mobil sehingga menjadi lebih susah terlihat
  • Kamu kudu lebih protektif terhadap diri sendiri, lantaran orang lain mungkin tidak peduli dengan keselamatan Anda saat dijalan
  • Sepeda motor kurang stabil seperti mobil. Jalan nan basah dan berkerikil jauh lebih rawan bagi sepeda motor
  • Kendarai sepeda motor dengan kecepatan aman, usahakan terlihat dari depan dan tidak mengekor, serta tidak berkendara dalam keadaan mabuk

Aturan Berkendara Sepeda Motor Saat Cuaca Buruk

Meski tidak ada larangan, cuaca jelek berkedudukan besar dalam memilih kapan Anda bisa mengendarai sepeda motor. Hujan membikin pengedara motor kesulitan memandang kedepan, namun berkendara saat jalan basah dan licin bisa menjadi tantangan menarik bagi pengendara motor berpengalaman. Sebaiknya pantau prakiraan cuaca sebelum Anda mengendarai sepeda motor.

nicky_hayden_leading_bike_convoy_3_original

Faktor paling krusial dalam berkendara nan sehat adalah pengetahuan, pengalaman, latihan, perlengkapan keselamatan nan sesuai dan tentu saja disiplin dalam berlalu lintas, agar tidak membahayakan dan menggangu kewenangan para pengguna lain dijalan raya.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka