7 Cara Mudah Cek Kecepatan WiFi di HP & Laptop

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Cek kecepatan wifi perlu dilakukan secara rutin, perihal ini berfaedah agar pengguna mengetahui kecepatan jaringan pada wifi nan digunakan. Kecepatan wifi sangat dibutuhkan para pengguna, lantaran dengan hubungan internet melalui jaringan wifi nan lancar dan stabil dapat mempercepat proses pekerjaan sehari-hari.

Namun kadang kala pengguna jengkel dengan hubungan internet jelek pada wifi  akibat cuaca jelek ataupun gangguan perbaikan jaringan provider. Umumnya saat terjadi gangguan, kecepatan internet pada wifi mengalami penurunan namalain lemot.

Cek Kecepatan Wifi

Untuk memastikan sedang terjadi gangguan, alangkah baiknya B’Nerz bisa cek kecepatannya terlebih dahulu. Namun kebanyakan pengguna tidak mengerti gimana langkah mengeceknya. Lalu, gimana langkah mengetahui kecepatan wifi anda?

Ada beberapa langkah nan dapat digunakan B’Nerz untuk mengecek kecepatan wifi  nan bisa dipraktekkan dengan mudah melalui HP dan Laptop.  Namun sebelum itu, ada beberapa perihal nan kudu diperhatikan B’Nerz.

Perencaan Sebelum Cek Kecepatan Wifi

1. Restart Router Sebelum Cek Kecepatan Wifi

diharapkan dengan melakukan restart router, jaringan internet pada wifi B’Nerz kembali normal seperti sedia kala.

2. Restart HP dan Laptop

Cara berikutnya sebelum B’Nerz melakukan pengecekan adalah merestart HP dan Laptop, diharapkan setelah Hp dan Laptop direstart bakal mengembalikan kondisi primanya serta menunjang hubungan internet nan diterima.

3. Membersihkan Cache pada HP dan Laptop Sebelum Cek Kecepatan Wifi

Cache alias sampah nan terlalu banyak sangat menghalang kecepatan wifi pada HP dan Laptop, dengan perihal itu  hubungan internet Anda menjadi lemot. Untuk itu, krusial sebelum melakukan pengecekan agar membersihkan cache pada HP dan Laptop nan B’Nerz gunakan.

4. Hentikan program alias aplikasi nan tidak digunakan

Perencanaan terakhir sebelum pengecekan adalah menghentikan program alias aplikasi nan telah selesai digunakan dan tidak digunakan lagi. Apabila Anda membuka banyak program ataupun aplikasi bakal mempengaruhi performa hubungan internet menjadi menurun . Maka dari itu B’Nerz, andaikan program alias aplikasi nan sudah selesai digunakan dan tidak digunakan sebaiknya ditutup, agar hubungan internet pada jaringan wifi menjadi stabil kembali.

Setelah perencaan selesai dilakukan, berikut  ini langkah nan dapat dilakukan B’Nerz untuk cek kecepatan wifi melalui HP dan Laptop.

Cara Mudah Cek Kecepatan Wifi di HP dan Laptop

Untuk cek kecepatan Wifi B’Nerz, kami menyiapkan  beberapa situs web dan aplikasi nan dapat digunakan berasas ukuran satuan Mbps (Megabit per second) melalui Hp dan Laptop.

1. Speedtest.Net

 Speedtest.Net

Speedtest.Net merupakan situs untuk cek kecepatan wifi nan sudah banyak dikenal. Tidak hanya sudah dikenal, langkah menggunakan situs ini juga sangat mudah dan mempunyai kecermatan nan cukup baik. Untuk Speedtest.Net dapat diakses dengan mengunjungi  laman ini http://www.speedtest.net/id.

Saat laman sudah terbuka B’Nerz, klik opsi “Go” dan tunggu beberapa saat, setelah itu bakal muncul hasilnya seperti kecepatan Mbps, Download serta Upload.

2. SpeedSmart

 SpeedSmart

SpeedSmart adalah aplikasi dan juga situs web untuk mengecek kecepatan wifi, situs ini sering digunakan para pengguna, lantaran hasilnya nan sangat sigap dan jeli lantaran menggunakan HTML5 saat menjalankannya . SpeedSmart dapat melakukan pemeriksaan seperti kecepatan unduh, unggah sampai IP server dan Provider.

Untuk menggunakan SpeedSmart silakan mengujungi laman http://speedsmart.net/, kemudian klik “Start Test”.

3. Meter.net

 Meter.net

Situs selanjutnya adalah Meter.net, situs web ini sangat sigap untuk mengecek kecepatan wifi, hanya dengan waktu 30 detik saja hasilnya bakal segera muncul. Penggunaanya juga sangat mudah, cukup dengan mengunjungi laman http://www.meter.net/, lampau klik opsi “Start” dan hasilnya bakal muncul.

4. Bandwidthplace.com

 Bandwidthplace.com

Situs berikutnya nan dapat digunakan untuk cek kecepatan wifi adalah Bandwidthplace. Situs ini mempunyai fitur dan langkah menggunakan mirip dengan situs Meter.net. B’Nerz cukup mengujungi situs http://www.bandwidthplace.com/ , lampau klik “Start”. Keunggulan situs ini adalah pengguna dapat memilih letak dan juga dapat mendeteksi provider apa nan sedang digunakan pengguna.

5. Fast.com

 Fast.com

Situs cek kecepatan wifi Fast.com adalah situs nan dimiliki Netflix. Layanan ini dapat digunakan secara cuma-cuma serta mempunyai jasa nan mudah dipahami. Dengan mengunjungi situs http://fast.com/ melalui HP dan Laptop, Anda tidak perlu memilih opsi apapun, lantaran situs bakal melakukan pemeriksaan secara otomatis.

Situs Fast.com mempunyai fitur nan dapat mendeteksi IP publik pengguna, Kecepatan unggah  serta unloaded dan loaded latency.

6. Open Speed Test

 Open Speed Test

selanjutnya ada situs Open Speed Test nan baik digunakanan untuk cek kecepatan Wifi Anda B’Nerz .  Situs ini mempunyai fitur untuk mengetahui kecepatan download, upload, Jitter dan Ping. Untuk mengunakan situs ini B’Nerz cukup mengunjungi laman https://openspeedtest.com/. Setelah masuk ke laman, B’Nerz cukup klik “Play” untuk memulai, selanjutnya tunggu beberapa saat sampai akhirnya hasilnya muncul.

7. Internet Speed Meter Lite

 Internet Speed Meter Lite

Cara cek kecepatan wifi nan terakhir adalah menggunakan Internet Speed Meter Lite, untuk menggunakan aplikasi ini, B’Nerz kudu mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah aplikasi sudah diunduh B’Nerz bisa langsung menjalankannya secara otomatis. Aplikasi ini dapat memberikan info kecepatan wifi secara real time nan bakal muncul pada notifikasi bar.

Itulah ketujuh langkah mudah cek kecepatan Wifi melalui HP dan Laptop anda. B’Nerz bisa menggunakan situs web ataupun aplikasi nan sudah kami rekomendasikan. Semoga dapat membantu dan selamat mencoba B’Nerz. Untuk mengetahui info lain dapat B’Nerz akses melalui laman ini.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka