6 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Apakah Anda pernah mengalami masalah hardisk eksternal tidak terbaca? Masalah ini memang sering kali dialami banyak orang. Hardisk eksternal sendiri adalah sebuah media penyimpanan untuk file dan info namun bukan perangkat bawaan dari rakitan sebuah laptop alias komputer.

Komputer, laptop, maupun hp, biasannya punya media penyimpanannya sendiri, namun kadang kapasitasnya belum cukup menampung semua info data nan tiap hari bertambah. Oleh karenanya sekarang terdapat sebuah media penyimpanan Hardisk Eksternal.

Tidak sedikit Hardisk Eksternal nan tidak terbaca lantaran beberapa permasalahan. Permasalahan nan muncul pada hardisk eksternal biasa dari beberapa kondisi, misal baik secara fisik, programnya bermasalah.

Penyebab lain nan membikin hardisk eksternal tidak terbaca adalah kesalahan sistem file, driver nan kedaluwarsa dan kudu di update, partisi nan hilang, hingga port USB nan rusak. Untuk mengetahuinya berikut bakal dibahas Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca.

Melakukan Manajemen Ulang Pada Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Cara pertama nan dapat dilakukan jika hardisk eksternal tidak dapat dibaca adalah melakukan manajemen ulang. Carannya dengan menekan tombol windows + R untuk membuka jendela rum. Stelah itu ketikan “diskmgmt.msc”. bakal muncul jendela Computer Management.

Kemudian lalukan format ulang Drive. Biasannya dengan melakukan format ulang, hardisk nan tadinya tidak terdeteksi bakal mulai muncul kembali dan dapat digunakan seperti biasa lagi.

Melakukan Manajemen Ulang

Melakukan Reinstalling Driver 

Cara kedua nan dapat dilakukan untuk mengatasi hardisk eksternal tak terbaca adalah dengan melakukan reinstalling River. Carannya cukup mudah ikuti langkah berikut :

  • Di dekstop tekan tombol windows, lampau ketikkan device manager.
  • Perhatikan tanda seru kuning nan mengeluarkan keterangan “USB Attached SCSI UAS Mass storage device.”
  • Kemudian Klik Update Driver Software > Browse My Computer For Driver Softwar>Let Me pick from a list of device drivers on my Computer.
  • Ikuti pembimbing dengan menekan tombol next jika Shaw compatible hardware sudah tercentang.
  • Tunggu proses instalasi selesai restart komputer alias lapotopnya. Maka ketika dihidupkan kembali hardisk sudah terbaca.

Melakukan Reinstalling Driver

Melakukan Pergantian Letter Hardisk

Cara ketiga dengan melakukan letter hardisk. Cara ini biasannya dilakukan andaikan hardisk eksternal sudah tersambung namun tidak muncul di tampilan my Computer. Untuk melakukan langkah ini bisa ikut langkah berikut :

  • Buka disk Management, langkahnya sama dengan langkah pertama.
  • Kemudian klik kanan pada disk nan mau dilakukan letter
  • Lalu pilih menu change Drive letter and Plath pada jendela tersebut
  • Klik Add alias change untuk mengubah Drive menjadi letter
  • Ikuti petunjuk nan tersedia. Maka hardisk bakal kembali terbaca dan muncul

Melakukan Pergantian Letter Hardisk

Dengan Menggunakan Write Zeros

Cara ini jadi salah satu langkah nan cukup ekstrim dilakukan. Writer zero sesuai namanya, bakal menghapus alias memformat file sampai kosong tanpa sisa. Semakin banyak info miliki Anda nan disimpan, maka proses dalam melakukan write Zero juga dapat menyantap waktu nan lama.

Melakukan Pergantian Casing Hardisk

Seperti nan diketahui jika hardisk eksternal dilengkapi dengan sebuah casing nan menutupi nyaris semua perangkat keras. Kompenen info dalam casing hardisk jangan sampai mengalami kerusakan. Sangat dianjurkan untuk memeriksa keadaan casing jika hardisk tidak terbaca. Bila terdapat retakan alias lecet pada casing dapat dilakukan pergantian.

Melakukan Pergantian Casing Hardisk

Masalah seperti ini biasannya sering terjadi pada hardisk rakitan sendiri alias hardisk tanpa brand besar. Bila hardisk tersebut berasal dari brand brand ternama biasannya mempunyai casing nan kuat sehingga jarang terjadi kerusakan seperti ini. Jika Anda berkeinginan membeli Casing Hardisk, silakan kunjungi laman Casing HDD External di Bhinneka.

Melakukan Pergantian Kabel USB Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Yang terakhir dengan melakukan pergantian kabel USB. Mungkin banyak orang nan panik ketika hardisknya tidak terbaca. Padahal mungkin saja Cuma kabel USB nya nan rusak. Cobalah untuk mengecek terlebih dulu kabel Usb dengan menggantinya.

Kabel USB nan rusak dapat mengganggu fungsi, transfer data, dan daya listrik hardisk. Hal inilah nan bisa menyebabkan hardisk tidak terbaca. Pastikan melakukan pengecekan terlebih dulu perihal hal mini seperti ini.

Mengatasi masalah hardisk ekternal nan tidak terbaca oleh komputer merupakan persoalan nan kerap kali dialami oleh banyak orang. Pemilihan hardisk nan bagus sangat disarankan ketika membeli hardisk ekternal. Silakan kunjungi laman Hardisk Bhinneka untuk cek nilai hardisk internal maupun eksternal terbaru.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka