5+ Tips Sukses dalam Strategi Social Media Marketing

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Siapa nan tidak menggunakan sosial media di era sekara? Pasti Anda mempunyai akun sosial media kan? Bahkan mungkin akun sosial media nan dipunya lebih dari situ. Tidak apa-apa itu adalah perihal nan wajar lantaran memang kebutuhan manusia bakal sosial media sangatlah meningkat dari waktu ke waktu. Sosial media apa nan kalian pakai? Apakah instagram, facebook, twitter, linkedin? Kalau semuanya Anda  merupakan pengguna sosial media nan sangat aktif.

Penggunaan sosial media sangatlah komplek dan terus berkembangmanfaatnya dari tahun ke tahun. Apakah ketika Anda  sedang enak-enak menggunakan instagram pernah menemukan sebuah postingan nan bercap sponsor? Menurut Anda apakah itu? Jika Anda mengatakan bahwa itu iklan, jawaban Anda benar. Sosial media sekarang bukan hanya tempat untuk mengekspos tentang seseorang namalain sebuah entitas. Namun, kegunaan sosial media bertambah menjadi tempat iklan pelaku bisnis.

Iklan di sosial media dianggap oleh perusahaan namalain pelaku upaya sebagai sebuah kesempatan bagi mereka untuk melakukan komunikasi nan lebih nyaman dengan pelanggan. Melalui komunikasi nan lebih nyaman dan lezat inilah musabab kenapa sosial media cocok dijadikan menjadi sosial media marketing. Sebenarnya banyak argumen kenapa sosial media dijadikan tempat untuk beriklan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut dan agar pemahamanmu makin keren lagi berikut bakal dijelaskan mengenai apa itu sosial media markering.

Mengenal Apa Itu Sosial Media Marketing

Apa nan Anda bisa definisikan ketika mengetahui kata Sosial Media Marketing? Sederhananya sosial media marketing adalah sebuah iklan nan dipromosikan menggunakan sosial media. Iklan jenis ini banyak nan bilang lebih efisien dibandingkan dengan iklan-iklan konvensional. Kebanyakan iklan sosial media dilakukan di platform seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Menurut info dari We Are Social sebanyak 170 juta orang di Indonesias sudah menggunakan Sosial Media. Menurut dari tersebut juga platform nan banyak digunakan oleh marketer adalah Facebook.

Melihat dari tersebut bisa disimpulkan bahwa beriklan sosial media sangat menguntungkan. Jumlah pengguna instagram dapat menjadi pengguna potensial nan menjanjikan. Kelebihan lainnya adalah kemudahan perusahaan untuk menjangkau sasaran market mereka. Ditambah lagi proses nan beriklan di sosial media sangatlah mudah dan menyenangkan. Dulu sebelum hadirnya iklan sosial media . Untuk melakukan promosi di internet perusahaan hanya bisa melakukannya dengan website, kekurangan menggunakan website ini adalah tidak ada komunikasi nan interaktif antara penjual dan pembeli. Namun, jika menggunakan sosial media komunikasi tersebut bisa dilakukan secara dua arah.

Menurut Hubspot, pengertian dari sosial media marketing adalah corak tindakan namalain action dari pembuatan konten. Konten nan dibuat inilah nan digunakan untuk menarik perhatian pengguna potensial namalain pengguna sosial media. Sedangkan, menurut Neil Patel, sosial media marketing adalah sebuah proses menarik perhatian orang agar terikat dengan konten nan disajikan. Jadi, itulah pengertian dari sosial media marketing, Apakah kalian sudah memahaminya? Jika kalian penasaran lebih lanjut tentang kegunaan sosial media dibagian berikutnya bakal dijelaskan mengenai kegunaan dari sosial media marketing.

Mengetahui Fungsi dari Sosial Media Marketing

 Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

Apakah Anda mulai lebih penasaran tentang apa sebenarnya kegunaan namalain kegunaan sosial media? Nah jika iya berikut ini bakal dijelaskan mengenai kegunaan sosial media nan dapat berfaedah bagi keberlangsungan upaya Anda . Memulai sebuah sosial media marketing tidak kudu menjadi perusahaan besar dulu justru sejak dinilah beriklan di sosial media kudu dimulai. Dengan beriklan melalui sosial media sebuah upaya nan dulunya tetap mini bisa tumbuh dengan sigap mendapatkan untung nan lumayan besar, ya itulah sekilas mengenai kegunaan dari kegunaan sosial media. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan sosial media marketing.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

    Sosial media sangat cocok sekali bagi para pelaku upaya untuk mejadikannya sebagai tempat beriklan. Dimana di sosial media sekarang penggunannya sudah mencapai 3,8 miliar masyarakat di dunia. Oleh lantaran itu, semakin Anda giat dan konsisten untuk memposting iklan-iklan di sosial media manfaatnya bakal berdapat pada reputasi brand Anda. Bisnis Anda bakal diakui dan dikenal oleh pengguna sosial media. Fakta nan terjadi sosial media terbukti meningkatkan brand awareness. Bentuk dari kesukaan pengguna sosial media terhadap upaya Anda bisa jadi berbentuk koment, like, shares, dan tag. Social media juga dapat membantu upaya Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan mengarahkan ke website nan Anda punya. Di dalam sosial media Anda bisa memberikan tautan link website bisnis.

  2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

    Komunikasi nan terjadi melalui sosial media memungkinkan pemilik upaya dan pengguna untuk saling berinteraksi. Dengan komunikasi ini pemilik upaya bakal lebih mudah membantu keperluan namalain sekedar berinteraksi dengan pelanggannya. Anda dapat berinteraksi melalui postingan, pertanyaan di komen, dan membantu menyelesaikan keluhan mereka. Dengan sosial media Anda juga bisa meminta pengguna Anda untuk mereview produk nan selesai diluncurkan. Cara seperti itu dapat membangun kepercayaan konsumen dan mereka bakal mengganggap lebih dihargai oleh pemilik bisnis.

  3. Mengetahui Prospek Keberhasilan Iklan

    Setelah Anda sudah memulai membangun hubungan dengan pengguna apalagi sukses di tahap selanjutnya kalian bisa mengetahui seberapa jauh konsumen berinteraksi dengan Anda .Anda bisa mengukur dengan memandang hubungan melalui postingan sosial media Anda . Bahkan di beberapa sosial media sudah mendukung adanya konversi info konsumen saat berinteraksi dengan konten-konten di sosial media, contohnya FB Analytic, IG Insights, dan Twitter Analytics. Dengan support tool tersebut Anda bakal dipermudah untuk mengetahui respon konten iklan di sosial media.

  4. Membantui Mempelajari Kompetitor

    Sosial media marketng adalah jalan terbaik untuk mempelajari kompetitor. Menggunakan sosial media bakal lebih mudah dibandingkan dengan iklan-iklan konvensional. Sebab penggunaan sosial media ini sedang ramai digunakan oleh para perusahaan namalain pelaku upaya untuk memperkenalkan upaya mereka. Melalui sosial media, strategi nan dimiliki oleh pesaing bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk pengembangan iklan upaya Anda selanjutnya.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja nan Baik dan Benar untuk Lamaran Kerja  

Beberapa Contoh Sosial Media Marketing

Semakin seru pembahasan sosial media kali ini. Buat Anda nan penasaran apa saja corak dari iklan sosial media, tenang saja berikut ini bakal dijelakan lebih lanjut tentang apa saja contoh-contoh sosial media marketing. Di sini bakal diambi beberapa conoth iklan sosial media marketing dari beragam paltform sosial media seperti Instagram, Facebok, Youtube, hingga Twitter tentu dengan beragam format nan umum dipakai. Berikut Jenis Iklannya :

  1. Iklan Video Instagram
  2. Iklan Video Youtube
  3. Iklan Gambar Instagram
  4. Iklan Gambar Facebook
  5. Iklan Video Twitter

Baca Juga : Sistem Perekonomian Indonesia : Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Penerapan di Indonesia 

Cara Melakukan/Strategi Iklan di Sosial Media

Cara melakukan iklan di sosial media tidak boleh dilakukan dengan sembarangan kudu ada prosedurnya step by step. Buat Anda nan tertarik untuk membikin iklan sosiale media seperti gambar diatas. Sebenarnya bisa sekali dengan menggunakan skill nan kalian miliki. Membuat sebuah iklan sosial media kudu dilakukan secara hati-hati dan detail. Untuk Anda nan mau tahu gimana startegi langkah melakukan iklan di sosial media berikut adalah caranya.

  1. Mempelajari Target Audiens nan Dituju

    Cara nan harus  Anda lakukan adalah pelajari apa nan dimau oleh pengguna Anda nantinya. Biasanya bakal lebih bagus Anda bisa menemukan masalah nan terjadi di sisi konsumen dan membantunya melalui produk nan kalian tawarkan. Iklan dengan model seperti ini bakal lebih dipercaya. Namun, masalah tersebut kudu betul-betul nyata jangan sampai membikin masalah itu sendiri dan datang seolah-olah memberikan solusi nan bagus padahal tidak. Bersikaplah jujur pada konsumen kalian agar mendapatkan kepercayaan mereka. Lakukan segmetasi sasaran audiens Anda juga, agar konten iklan nan dituju tepat sasaran dan berhasil. Semakin cocok konten nan ditawarkan semakin besar pula engagement nan didapat.

  2. Menentukan Platform Sosial Media nan Disasar

    Cara nan kedua adalah menentukan platform sosial media nan mau Anda tuju berasas sasaran audiens tadi. Biasanya setiap pengguna sosial media di setiap platform condong mempunyai perbedaan demografi pengguna. Untuk membantu Anda mengenal platform mana nan dikira cocok untuk upaya dan konten iklan kalian berikut adalah penjelasan mengenai pengguna sosial media beragam platform.

    • Facebook
      1. Pengguna: 1,73 miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia
      2. Penonton: Generasi X dan milenial
      3. Terbaik untuk: Kesadaran merek; periklanan
    • Twitter
      1. Pengguna: 126 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia
      2. Penonton: Terutama kaum milenial
      3. Dampak industri: B2B dan B2C
      4. Terbaik untuk: Hubungan masyarakat; pelayanan pelanggan
    • Instagram
      1. Pengguna: 1 miliar pengguna aktif bulanan
      2. Penonton: Terutama kaum milenial
      3. Dampak industri: B2C
      4. Paling baik untuk: Media nan tampak natural, di belakang layar, dan konten buatan pengguna; periklanan
    • Youtube
      1. Pengguna: Lebih dari 2 miliar pengguna bulanan nan masuk di seluruh dunia
      2. Penonton: Milenial, diikuti oleh Generasi Z.
      3. Dampak industri: B2C
      4. Terbaik untuk: Kesadaran merek; hiburan, dan video petunjuk
    • Linkedin
      1. Pengguna: 675 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia
      2. Penonton: Baby boomer, Generasi X, dan milenial
      3. Dampak industri: B2B
      4. Terbaik untuk: hubungan B2B, pengembangan bisnis, dan pemasaran pekerjaan
  3. Menciptakan Konten Menarik dan Keren

    Dengan miliaran pengguna media sosial di seluruh dunia, tidak diragukan lagi bahwa setidaknya beberapa pengikut Anda – namalain orang-orang nan menjelajahi profil Anda – juga telah memandang konten pesaing Anda namalain upaya lain di industri Anda. Itulah kenapa Anda kudu mempunyai konten media sosial nan menarik nan menonjol dan memberi penonton argumen untuk mengklik tombol “Ikuti” dan berinteraksi dengan merek Anda. Untuk membantu Anda menjadi kreatif, pertimbangkan konten nan dibagikan pesaing Anda dan gimana Anda dapat mempromosikan produk Anda secara unik. Manfaatkan juga fitur nan ditawarkan oleh platform nan Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat membikin video langsung di FB untuk membagikan perincian terbaru tentang peluncuran produk namalain melakukan giveaway.

  4. Melakukan Penjadwalan Konten

    Mengatur publishing sebuah konten iklan merupakan perihal nan penting. Atur waktu nan cocok untuk mengiklan produk Anda bisa mengatur kapan waktu nan tepat dengan memandang kapan orang-orang aktif di sosial media. Misalnya saja Anda bisa mengunggah konten iklan pada waktu rehat kerja, jam pulang kerja, namalain hari weekend dimana biasanya orang aktif bersosial media. Jangan menggunggah konten di waktu-waktu nan tidak tepat seperti malam hari lebih dari jam 9 malam. Soalnya keumngkinan pengguna kalian sudah tertidur namalain istirahat.

  5. Melakukan Evaluasi Iklan

    Media sosial bakal memberikan kalian data-fata nan jeli dan tepat mengenai apakah iklan nan dijalankan itu sukses namalain tidak. Data-data tersebut bisa digunakan untuk bahan untuk pembelajaan pada pembuatan sosial media marketing selanjutnya. Dari pertimbangan tersebut Anda bisa mempelajari pola sasaran audiens untuk melakukan uji coba beberapa strategi iklan selanjutnya.

Baca Juga : Website Pinjaman Online nan Sah, Aman, Terverifikasi OJK di Indonesia 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu social media marketing nan sedang eksis digunakan pada saat ini. Social media marketing juga merupakan kesempatan nan bagus bagi para pelaku upaya dan perusahaan. Sosial media marketing dapat membantu meningkatkan brand awareness bagi perusahaan mereka. Dengan kelebihan ini produk namalain jasa nan ditawarkan oleh perusahaan dan pelaku upaya bakal lebih dikenal.

Banyak sekali kegunaan nan sebenarnya dapat diperoleh dari iklan sosial media. Nah, dengan penggunaan sosial media sebagai tempat iklan nan tepat dengan mengikuti langkah strategi mulai dari menentukan sasaran audiens, platform sosial media, hingga sampai pada tahap pertimbangan merupakan langkah nan jitu untuk memaksimalkan peran sosial media. Demikianlah tulisan mengenai Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno kincaimedia
Kabar Tekno kincaimedia