5 Manfaat Grounding pada Mesin Digital Printing

Sedang Trending 5 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Manfaat Grounding pada perangkat digital printing alias mesin nan berasosiasi dengan listrik adalah mengurangi akibat kerusakan dan meningkatkan keamanan. Grounding adalah jalur kabel listrik pada sebuah perangkat nan ditanam ke dalam tanah. Kenapa ditanam ke tanah ? Penyebabnya lantaran tanah adalah komponen nan dapat menetralkan muatan listrik dari permukaan.

Sebagai pemilik upaya Digital Printing, Anda pasti selalu berurusan dengan mesin digital printing nan sensitif pada perubahan tegangan listrik. Oleh lantaran itu, Anda kudu memahami apa pentingnya Grounding untuk mencegah kerusakan pada peralatan akibat gangguan listrik. Grounding bakal mengalirkan kelebihan listrik ke tanah sehingga operator mesin digital printing Anda tetap kondusif dari sengatan listrik.

Fungsi Grounding untuk Peralatan Listrik

Fungsi Grounding pada peralatan listrik adalah untuk melindungi mesin dan tenaga kerja nan mengoperasikannya. Berikut ini beberapa kegunaan krusial Grounding:

  • Grounding berfaedah menghantarkan listrik ke bumi saat terjadi kebocoran listrik akibat korsleting
  • Kabel Grounding pada perangkat elektronik mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian listrik bocor
  • Sistem Grounding juga digunakan pada penangkal petir untuk mengalirkan arus listrik besar ke tanah
  • Minimalisir kerusakan pada perangkat digital printing nan sensitif pada perubahan tegangan listrik
  • Menetralisir noise akibat rangkaian listrik nan tidak sesuai standar.

Manfaat Grounding untuk Mesin Digital Printing

Biaya investasi nan Anda keluarkan untuk membeli mesin digital printing tentu sangat besar. Apalagi upaya Anda untuk menjaga keselamatan tenaga kerja pasti tidak bisa dinilai dengan uang. Untuk menjaga perangkat tetap kondusif dari gangguan listrik dan melindungi keamanan karyawan, Anda kudu memahami apa saja faedah Grounding untuk upaya digital printing:

1. Mencegah Kerusakan Peralatan Digital Printing

Fungsi utama Grounding adalah mengalirkan arus listrik berlebih ke dalam tanah. Jika terjadi lonjakan listrik secara tiba-tiba, Grounding dapat mencegah peralatan rusak. Tanpa ini, peralatan digital printing Anda nan mahal bisa lebih rentan terhadap lonjakan tegangan nan merusak komponen elektronik di dalamnya.

Pentingnya Grounding untuk digital printing

Ditambah lagi, jika ada korsleting arus listrik nan bocor tersebut bisa dibuang ke tanah, bukanya ke komponen listrik lain alias operator cetak. Grounding juga bisa membantu penemuan arus berlebih nan tidak normal. Sistem perlindungan arus bocor melalui tanah (Ground Fault Circuit Interrupters) dapat mendeteksi perbedaan kabel listrik dan tanah. Jika ada kebocoran arus listrik, peralatan digital printing bakal dimatikan secara otomatis.

2. Manfaat Grounding untuk Keamanan Operator Mesin Cetak

Grounding membantu tingkat tegangan terhadap tanah tetap kondusif dan stabil. Dengan langkah ini, potensial ground setiap peralatan selalu sama sehingga mencegah perbedaan tegangan nan dapat menciptakan akibat kejutan listrik bagi operator mesin cetak. Tanpa Grounding, operator mesin cetak bisa tersengat listrik alias kejutan listrik saat menyentuh peralatan digital printing nan mengalami gangguan listrik.

Manfaat grounding

Grounding memastikan potensial ground peralatan digital printing tetap dalam pemisah aman. Hal ini menghindari potensial perbedaan tegangan nan menyebabkan arus listrik mengalir ke tubuh manusia. Jika tanpa grounding, listrik bakal menghasilkan kejutan nan mengakibatkan cedera serius.

3. Mengurangi Risiko Kebakaran

Fungsi Grounding untuk mesin digital printing lainnya adalah mencegah terjadinya kebakaran nan disebabkan gangguan listrik, korsleting, alias lonjakan listrik. Arus listrik nan berlebih sekarang mempunyai jalur nan kondusif ke dalam tanah. Sistem Grounding dapat mengurangi akibat terjadinya percikan api alias panas berlebih nan menyebabkan kebakaran.

4. Manfaat Grounding untuk Jaga Kualitas Cetak

Grounding berfaedah memastikan kualitas cetak tetap stabil. Gangguan listrik menyebabkan kesalahan dalam proses cetak dan merusak hasil akhirnya. Arus listrik berlebih dan tidak stabil juga dapat merusak komponen nan bekerja menjaga kualitas cetak sama seperti nan diharapkan. Berkat grounding nan baik, peralatan digital printing Anda bisa bekerja secara efisien dan menghasilkan hasil cetak konsisten dalam waktu panjang.

5. Memenuhi Kepatuhan Standar Keselamatan

Grounding sesuai dengan standar keselamatan industri. Sistem keamanan ini memastikan peralatan digital printing dapat memenuhi kepatuhan standar keselamatan nan ditetapkan. Pemenuhan pedoman keselamatan kerja ini sangat krusial untuk meminimalisir akibat kecelakaan dan memastikan keamanan tenaga kerja Anda sesuai izin keamanan nan berlaku.

Simbol GroundingSimbol Grounding untuk menunjukan terminal ground sesuai IEC 60417.

Cara Pemasangan Grounding nan Benar

Grounding tidak boleh dilakukan sembarangan. Instalasi sistem ini kudu dilakukan secara serius. Anda kudu bisa mencari titik penanaman kabel grounding nan paling tepat agar kinerjanya lebih maksimal. Selanjutnya, kabel kudu dipasang dengan sistem paralel agar lebih aman. Berikut ini ada beberapa langkah umum saat melakukan Grounding dengan benar:

  • Pahami standar keselamatan, seperti kode listrik setepat dan pedoman keselamatan kerja
  • Pilih letak Grounding tang tepat dan gunakan bahan nan sesuai
  • Pertimbangkan aspek lain seperti konduktivitas tanah dan kebutuhan arus grounding
  • Pastikan semua peralatan listrik terhubung ke tanah
  • Pastikan hubungan Grounding menggunakan pengunci alias baut nan aman
  • Pastikan kontak elektrik tidak mudah terputus
  • Pertimbangkan penggunaan perangkat pelindung GFCI (Ground Fault Circuit Interrupters)
  • Lakukan pengetesan berkala untuk memastikan grounding tetap berfaedah dengan baik
  • Simpan pengarsipan sistem Grounding untuk perawatan dan pemeliharaan di kemudian hari.

Dalam merancang sistem grounding, nilai maksimum satuan kondusif tegangan adalah 0.5V. Grounding nan ideal adalah mempunyai nilai potensial sebesar 0 (nol). Akan tetapi, untuk mendapatkan nilai nol tersebut sangat sulit. Nilai induksi juga dipengaruhi kebocoran alias induksi listrik dari perangkat listrik di tempat Anda. Oleh lantaran itu, jika Anda mau pasang Grounding sangat krusial untuk mengejar nilai tegangan di bawah tegangan 0.5V tersebut.

Konsultasi Grounding Sebelum Instalasi Mesin Digital Printing

Mengingat sangat pentingnya faedah Grounding pada upaya digital printing, sebagai pemilik upaya Anda kudu memperhatikannya sebelum instalasi mesin digital printing. Bhinneka sebagai toko online B2B terlengkap di Indonesia menyediakan jasa konsultasi dan instalasi mesin digital printing nan kondusif dan bergaransi.

Anda bisa beli mesin cetak dari beragam merk ternama melalui jasa Digital Printing Solution. Tidak hanya beli, kami juga melayani jasa instalasi dan konsultasi pemasangan. Sebelum perangkat dipasang, kami bakal melakukan survei untuk mengecek kesiapan lokasi, nan salah satunya adalah Grounding. Kami juga menjual perangkat untuk instalasi Grounding kondusif unik mesin digital printing. Dengan begitu, mesin nan Anda beli dapat bekerja maksimal seperti nan Anda harapkan dalam waktu lama.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka