5 Cara Kecil Agar Api Tetap Hidup Saat Anda Sudah Lama Bersama | Miya Yamanouchi

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jika pasangan sudah lama menjalin hubungan, kesukaan bisa berkurang. Tapi mereka tidak perlu melakukannya. Pikiran kita diprogram untuk memperhatikan hal-hal baru. Jadi ketika segala sesuatunya tetap sama, perhatian kita berkurang dan kita mengalihkan perhatian kita ke perihal lain. Hal ini disebut oleh para psikolog sebagai proses pembiasaan. Ya, pikiran memperhatikan perbedaan. Ketika segala sesuatunya tetap sama, pikiran bakal lenyap lantaran otak kita nan terpercaya tidak mencatat hal-hal nan tidak berubah. Dan tubuh kita, condong tidak menyadari apa pun nan tidak mungkin membikin perbedaan bagi kita (alias sesuatu nan baru.)

Saat kita sering memandang kekasih kita, kita jadi tidak peka sama sekali terhadap visualnya, padahal pertama kali mereka menanggalkan pakaiannya, tampilannya sangat menggairahkan. Ingat kembali masa-masa limerence ('fase bulan madu' dalam hubungan Anda) ketika kekasih Anda tampak seperti mimpi nan membikin pikiran, mata, dan tangan Anda tidak bisa lepas darinya? Ketika sentuhan mereka memabukkan dan Anda tidak pernah puas dengan emosi mabuk seperti narkoba nan bakal Anda dapatkan hanya dengan berada di dekat mereka? Ketika berada di samping mereka membikin Anda merasa berdebar-debar, memandang panggilan mereka masuk di ponsel Anda membikin Anda merasa seperti satu juta dolar, mencium mereka terhanyut ke tempat dan waktu lain, dan keintiman membikin Anda pusing dengan oksitosin (obat cinta)?

TERKAIT: 5 Kebutuhan Mendalam dan Emosional nan Harus Dipenuhi Pasangan Anda Agar Hubungannya Abadi

Baiklah, saya kira jika Anda membaca ini, perasaan-perasaan itu sekarang tidak lebih dari sebuah penggalan masa lalu, sebuah kenangan nan Anda simpan dan bertanya-tanya ke mana perginya momen-momen berbobot dan tak terpuaskan itu dan gimana Anda bisa mendapatkannya kembali. Dan tahukah Anda, secara umum, bukan lantaran kekasih Anda kehilangan daya tariknya. Tak satu pun dari Anda nan mengalami penurunan libido alias dorongan. Dan Anda mengetahui perihal ini lantaran orang lain menganggapnya memesona dan menarik seperti dulu — orang asing tidak bisa mengalihkan pandangan dari kekasih Anda, hanya mau berada di tempat di mana Anda mempunyai kewenangan spesial untuk berada.

Namun, Anda tidak merasakan emosi nafsu dan kemauan nan sama seperti dulu. Dan Anda sangat menginginkannya kembali, tetapi Anda mempertanyakan apakah perihal itu mungkin dilakukan pada saat ini. Di dalam Ted Talk-nya tahun 2013terapis keintiman dan peneliti terkenal di bumi Esther Perel dengan sempurna menempatkan semuanya dalam perspektif dalam merangkum angan kita dalam hubungan jangka panjang nan berkomitmen: “Jadi kita sampai pada satu orang, dan kita meminta mereka untuk memberi kita apa nan dulunya diberikan oleh seluruh desa. beri saya rasa memiliki, beri saya identitas, beri saya kesinambungan, tapi beri saya transendensi, misteri, dan kekaguman, semuanya dalam satu. beri saya kenyamanan, beri saya keunggulan. beri saya kebaruan, beri saya keakraban. beri saya prediktabilitas, beri saya kejutan . Dan kami pikir itu adalah perihal nan lumrah, dan mainan serta busana dalam bakal menyelamatkan kita dari perihal itu.”

Perel kemudian membagikan temuan penelitiannya saat mewawancarai ribuan laki-laki dan wanita mengenai topik gairah jangka panjang di 20 negara di seluruh dunia. Untuk meringkas temuannya, berikut 5 perihal nan perlu Anda ketahui untuk menyalakan kembali antusiasme dan kesukaan dalam hubungan jangka panjang Anda.

TERKAIT: 5 Tanda Peringatan Hubungan Anda Kurang Keintiman

Berikut 5 langkah untuk menjaga api tetap menyala dalam hubungan Anda ketika Anda sudah lama bersama:

1. Pahami unsur daya tarik untuk menciptakannya kembali

Unsur utama daya tarik antara lain:

  • Petualangan
  • Kebaruan
  • Misteri
  • Mempertaruhkan
  • Bahaya
  • Yang tidak diketahui
  • Yang tidak terduga
  • Kejutan
  • Spontanitas

2. Punya waktu terpisah

Harus cukup lama untuk bisa membayangkan berbareng pasangan. Ketahuilah bahwa ketidakhadiran dan kerinduan adalah komponen krusial dari keinginan. Saat kita tertarik pada seseorang, khayalan kita memunculkan pemikiran tentang gimana rasanya berbareng mereka, untuk mengekspresikan momen berbareng mereka. Tapi, saat kita berbareng pasangan tercinta, kita berakhir membayangkan. Itu sebabnya berada jauh dari mereka untuk waktu nan cukup lama untuk mulai membayangkan lagi gimana rasanya berbareng mereka – dan menciptakan kembali skenario dalam pikiran kita – sangatlah penting.

TERKAIT: Lakukan 9 Hal Mudah Ini Untuk Mengubah Pernikahan Anda Sepenuhnya

3. Jauhkan dari pandangan dan jangkauan

Kita paling tertarik pada kekasih kita ketika mereka berada sedikit di luar pandangan dan jangkauan kita. Tahukah Anda, ketika Anda menghadiri aktivitas sosial berbareng dan Anda memandang mereka berbaur dengan orang lain di seberang ruangan dan Anda tiba-tiba merasakan kemauan untuk membawa mereka ke bilik mandi dan melakukan hal-hal jelek terhadap mereka? Ini apalagi bisa menjadi perihal nan energik juga, seperti ketika mereka berada di ruangan nan sama dengan Anda tetapi konsentrasi pada sesuatu nan sama sekali berbeda seperti sedang bertelepon alias terlalu enak-enak dengan pekerjaannya. Itu membikin Anda mau mengalihkan perhatian mereka, bukan? Sebaliknya, ketika mereka memberi Anda perhatian penuh, tantangannya hilang.

4. Lihat pasangan Anda dalam elemennya

Pikirkan kembali saat-saat ketika Anda memandang kekasih Anda melakukan sesuatu nan sangat mereka kuasai dan memancarkan sinar serta kepercayaan diri. Otomatis kita tertarik pada perihal itu. Saat kita melihatnya dalam elemennya, mereka kembali menjadi misteri bagi kita, makhluk susah dipahami nan mau kita dekati. Pasangan nan biasa kita kenal, pada saat itu, menjadi entitas tersendiri bagi kita dan itulah nan membikin mereka menarik. Penulis besar Perancis, Marcel Proust, pernah berkata, “Misteri bukan tentang berjalan ke tempat-tempat baru, tapi tentang memandang dengan mata baru.” Jadi ketika Anda memandang kekasih Anda saat dia sendirian, terlibat penuh gairah, dan konsentrasi pada sesuatu, Anda langsung melihatnya dari perspektif pandang nan berbeda, melalui perspektif pandang nan berbeda, memungkinkan Anda untuk tetap, seperti nan dikatakan Esther Perel, “terbuka terhadap misteri nan hidup tepat di sebelahku.”

5. Menjadi berdikari dari kekasih Anda di semua tingkatan

Tidak ada nan menarik dari seseorang nan membutuhkan, kita semua tahu itu. Dalam nafsu, tidak ada kebutuhan. Perel menggambarkan pengasuhan sebagai “anti-afrodisiak nan kuat”. Pastikan Anda menjadikan diri Anda semandiri mungkin untuk mewujudkan kemauan optimum. Jadi, sekarang setelah Anda mengetahui langkah memulai gairah Anda bakal cinta jangka panjang, jika Anda menerapkan semua ini dalam praktik selama beberapa waktu dan tetap tidak merasakan apa-apa, pertimbangkan untuk berbincang dengan pasangan Anda tentang style hubungan terbuka alias poliamori.

Cerita Terkait Dari YourTango:

TERKAIT: Jika Anda Ingin Menjaga Cinta Anda Tetap Hidup, Hanya Ada 10 Nasihat nan Harus Anda Ketahui

Miya Yamanouchi adalah seorang penulis di Eropa Tenggara nan kata-katanya muncul di majalah, buku, kitab teks, outlet berita, dan jurnal sastra di seluruh bumi termasuk Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, dan Afrika.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita