3 Cara Memperpanjang Usia Pakai Rantai Sepeda Motor

Sedang Trending 6 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Rantai pada sepeda motor bertransmisi manual seperti motor sport dan bebek alias cub, mempunyai peran krusial sebagai penggerak kendaraan. Gaya mobilitas sepeda motor dapat terjadi berkah daya mesin nan diteruskan ke roda belakang melalui rantai nan terhubung dengan gir sproket depan dan belakang. 

Pada saat sepeda motor melangkah dengan kecepatan tinggi, rantai kudu bekerja dengan baik lantaran bakal berakibat pada performa, kenyamanan dan keamanan berkendara. Kekuatan rantai kudu dapat menahan daya tarik nan sangat kuat. 

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seiring pemakaian, performa rantai bakal menurun. Untuk itu, diperlukan perhatian dan perawatan agar performa rantai sepeda motor bisa tetap optimal dan usia pakainya jadi lebih panjang. 

Ada 3 perihal nan kudu dilakukan agar usia pakai rantai lebih panjang : 

1. Perhatikan ketegangan rantai

Sepeda motor nan digunakan dalam jarak jauh alias membawa beban berat bakal membikin kerja rantai semakin berat. Hal ini bisa membikin rantai menjadi kendor. Untuk itu, selalu perhatikan ketegangan alias jarak main bebas rantai. 

Saat melakukan penyetelan, usahakan jangan terlalu tegang alias terlalu kendur. Kondisi rantai nan terlalu tegang bisa membikin rantai putus, jika terlalu kendur bisa mengakibatkan rantai Cepat aus dan bisa lepas dari gir. Selain itu, kondisi ini juga bakal memengaruhi performa sepeda motor. 

Jarak main bebas setiap motor berbeda-beda Informasi penyetelan ketegangan rantai dapat dilihat pada stiker di swing arm alias di kitab pemilik.. 

Dalam mengukur ketegangan alias kekencangan rantai, posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas permukaan nan datar. Matikan mesin dan posisi gigi netral. Periksa kekenduran rantai dengan menekan kearah atas bagian tengah rantai dan ukur pergerakan rantai menggunakan mistar. Jika keregangannya melebih pemisah jarak main bebas rantai, maka lakukannya penyetelan. 

2. Bersihkan rantai secara rutin 

Rantai motor menjadi salah satu bagian nan mudah kotor. Menjaga kebersihan rantai Bisa memperpanjang usia pakai, juga menghindari terjadinya karat dan beberapa masalah lain nan bisa terjadi pada rantai. 

Bersihkan paling tidak sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk merontokan beragam kotoran nan menempel pada rantai dan gir. Setelah dibersihkan sebaiknya lumasi rantai agar tak mudah karat. 

3. Beri pelumas untuk mengurangi gesekan 

Pada saat sepeda motor melaju, rantai roda mengalami gesekan dengan gir apalagi link antar rantai juga bergesekan. Untuk itu diperlukan pelumasan rantai untuk mengurangi gesekan dan keausan. Lakukan pelumasan rantai setiap kali rantai dibersihkan dan gunakan pelumas unik rantai roda (AHM Oil Chain Lube). 

Jangan lumasi rantai dengan oli jejak lantaran sudah terkontaminasi kotoran nan dapat menimbulkan kerusakan dan membikin rantai motor menjadi tidak tahan lama.

Sumber: motorkux

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita