16 Kualitas Terbaik dari Manajer dan Pemimpin yang Baik

Sedang Trending 4 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Dalam tulisan kami, Apa Perbedaan Antara Kepemimpinan dan Manajemen? Kami menguraikan perbedaan antara seorang pemimpin dan seorang manajer. Ringkasnya, orang mengikuti manajer lantaran mereka kudu melakukannya. Orang-orang mengikuti pemimpin lantaran pilihan—dan, idealnya satu orang mempunyai kedua kualitas tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kualitas Terbaik dari Manajer nan Baik

1. Harapkan Keunggulan

Penting bagi seorang manajer untuk menetapkan standar nan tinggi namun realistis, dan mengharapkan tenaga kerja untuk memenuhinya. Pada akhirnya, manajer terbaik bukanlah mereka nan paling baik alias paling tangguh, namun mereka nan menyelesaikan pekerjaan dan menunjukkan hasil nyata. Begitu tenaga kerja memahami bahwa seorang manajer mengharapkan keunggulan—tidak hanya kelebihan mereka sendiri namun juga kelebihan orang lain—mereka kemungkinan besar bakal mulai meningkatkan keahlian mereka dan bekerja lebih baik, dan ini dianggap sebagai salah satu kualitas terbaik dari seorang manajer nan baik.

2. Berkomunikasi Secara Teratur dengan Memberikan Umpan Balik nan Bermakna secara Actual-Time

Pada awalnya, berkomunikasi secara efektif mungkin terdengar agak basi, namun perihal ini merupakan perihal mendasar dalam manajemen nan baik. Manajer terbaik dan terkuat adalah mereka nan bisa berkomunikasi dengan baik. Kemampuan untuk memberikan umpan kembali positif dan negatif merupakan keahlian inti dan kompetensi bagi para manajer.

3. Jangan Menghindari Konflik, Tapi Atasi Secara Langsung dan Adil

Setiap ahli tahu bahwa tempat kerja adalah tempat berkembang biaknya konflik. Isu-isu seperti kompensasi, masalah interpersonal, pemotongan biaya, pengakuan, hubungan manajemen-karyawan, PHK, dan banyak bentrok lainnya pasti bakal muncul. Tidak pernah ada kekurangan sarang tikus mondok untuk menciptakan gunung.

Meskipun Anda tergoda untuk menutup telinga, manajer terbaik tidak bakal menghindari bentrok dan malah menangani masalah apa pun nan muncul dengan adil. Karyawan menjalankan tanggung jawab, dan siapa nan tidak. Mereka condong menunjukkan lebih banyak rasa hormat kepada manajer nan menyelesaikan masalah dengan segera dibandingkan mereka nan mengabaikan masalah alias tidak bertindak cepat.

4. Terbuka terhadap Cara Baru dalam Melihat Sesuatu

Kemampuan beradaptasi, fleksibilitas, dan penyesuaian terhadap lingkungan adalah beberapa kualitas manajer nan baik. Mereka selalu mencari kesempatan baru dengan mendengarkan apa nan dikatakan orang lain. Penting untuk menjadi pendengar nan baik, apa pun peran Anda. Meskipun demikian, biasanya buahpikiran perbaikan proses terbaik datang dari tenaga kerja nan jenjang organisasinya relatif rendah. Manajer nan baik tidak pernah takut untuk berubah dari biasanya. “Ini adalah langkah nan selalu kami lakukan di sini.”

5. Terimalah Bahwa Anda Masih Harus Banyak Belajar

Begitu mereka telah mencapai posisi manajemen, para manajer terkadang lupa bahwa mereka juga sedang dalam proses belajar. Anda mungkin mempunyai skill di bidangnya dengan pengalaman bertahun-tahun, tetapi tetap membuka pikiran terhadap ide-ide baru adalah perihal nan penting. Proses pembelajaran nan terus-menerus mendorong kemajuan profesional—dan ketika seorang manajer menerima perihal ini dan menetapkan perbaikan berkepanjangan sebagai standar, mereka menjadi manajer nan lebih baik dari sebelumnya.

6. Berikan Teladan nan Baik

Jika seorang manajer mempunyai mentalitas picik, mereka mungkin kesulitan memahami bawahannya dan menghadapi kesulitan dalam membikin mereka mematuhi aturan. Profesionalisme, komitmen, dan dedikasi nan sama nan dituntut manajer dari juniornya juga perlu dijunjung tinggi olehnya.

7. Bersikaplah Tegas

Penting bagi seorang manajer untuk membikin keputusan dan menaatinya. Karyawan pada umumnya merasa tidak nyaman dengan seseorang nan terus-menerus berubah pikiran mengenai suatu masalah. Manajer nan percaya diri adalah manajer nan tidak takut salah. Manajer terbaik menggunakan situasi jelek sebagai kurva pembelajaran dan sebagai contoh tentang apa nan tidak boleh dilakukan. Karyawan umumnya ditolak oleh majikan nan menyangkal akibat dari keputusan nan telah mereka buat.

8. Bersabarlah Dengan Diri Sendiri

Mampu mengembangkan keahlian nan kuat dalam memimpin dan mengelola memerlukan waktu. Ingatlah semua tip di atas. Bicaralah dengan lebih banyak orang nan pernah memegang peran tersebut dan belajarlah dari mereka. Ini bakal meningkatkan keahlian Anda sebagai seorang manajer.

Kualitas Manajer nan Baik

Setelah mempelajari kualitas-kualitas terbaik dari seorang manajer nan baik, mari kita lanjutkan dan pelajari beberapa kualitas dari seorang pemimpin nan baik.

Kualitas Terbaik Seorang Pemimpin nan Baik

1. Bersikaplah Rendah Hati

Ada perbedaan besar antara menjadi pemimpin dan menjadi bos. Seorang pemimpin adalah seseorang nan biasanya berbagi sorotan dan memberi penghargaan kepada pengikutnya atas pekerjaan nan telah mereka lakukan sebagai sebuah tim. Dibutuhkan lebih banyak kepercayaan diri untuk menjadi rendah hati daripada menikmati kemuliaan pencapaian. Klien dan tenaga kerja menghargai kerendahan hati dan pemimpin nan memberikan penghargaan pada saat nan seharusnya!

2. Memimpin dengan Memberi Teladan

Penting bagi para pemimpin untuk memimpin dengan memberi contoh. Mereka tidak mungkin menjadi orang munafik. Jika seorang pemimpin mau bawahannya tepat waktu, mereka perlu membangun kebiasaan tepat waktu. Pemimpin perlu menentukan arah, dan pengikut bakal terinspirasi untuk mengikuti secara otomatis.

3. Berkomunikasi Secara Efektif

Seperti halnya manajer, pemimpin juga kudu bisa berkomunikasi—baik di dalam maupun di luar pekerjaan secara efektif. Selain didengarkan dan dipahami, para pemimpin dahsyat juga mengetahui pentingnya mendengarkan. Para pemimpin memahami bahwa komunikasi adalah jalan dua arah.

4. Ketahui Batasan Anda

Penting bagi para pemimpin untuk menetapkan batas bagi diri mereka sendiri. Para pemimpin perlu mengetahui apa dan seberapa banyak mereka dapat menoleransi perihal tersebut, sehingga dapat menghindari rasa frustrasi di seluruh kantor. Menetapkan batas nan jelas bakal membantu mencegah kebingungan apa pun.

5. Jaga agar Rapat Tetap Produktif

Waktu adalah uang! Hindari obrolan tangensial dan sumber-sumber tidak produktif lainnya selama rapat. Pemimpin perlu memercayai timnya untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar—tanpa memerlukan manajemen mikro.

6. Sadar Secara Emosional

Ini adalah nasihat umum untuk menjauhkan segala jenis emosi dari kantor. Namun, banyak nan lupa bahwa upaya lebih berangkaian dengan hubungan antarmanusia. Dan untuk membangun dan membina hubungan nan langgeng, seorang pemimpin nan baik kudu pandai secara emosional.

7. Belajar Dari Masa Lalu

Itu sifat manusia, kita semua belajar dari masa lalu. Salah satu kualitas terbesar seorang pemimpin nan baik adalah tidak pernah melupakan masa lalunya dan selalu condong belajar dari masa lalu, baik itu kesalahan alias keputusan nan bijaksana.

8. Jangan Pernah Berhenti Berkembang

Para pemimpin dahsyat terus-menerus belajar dan memperbarui pengetahuan mereka. Mereka tidak pernah berhenti. Mereka terus berupaya memperbaiki diri dan menjadi lebih baik. Selalu ada keahlian baru untuk dikuasai alias proyek baru untuk dikerjakan. Para pemimpin dahsyat membuka pikiran mereka terhadap kemungkinan-kemungkinan baru dan ide-ide segar.

Kualitas Pemimpin nan Baik

Setelah mengetahui kualitas manajer dan pemimpin nan baik, mari kita lihat perbedaan antara kepemimpinan dan manajemen.

Perbedaan Antara Kepemimpinan dan Manajemen

Kesimpulan

Kualitas seorang manajer nan baik dan pemimpin nan baik datang dari banyak pekerjaan dan pengalaman di tingkat dasar. Manajer dan pemimpin sama-sama penting—dan Anda bisa mendapatkan untung ahli dengan menjadi manajer dan pemimpin nan baik bagi sesama tenaga kerja dan kolega Anda. Anda bakal mempelajari teknik manajemen dan kepemimpinan dalam Program Sertifikat Eksekutif Simplilearn Dalam Manajemen Umum nan ditawarkan bekerja sama dengan IIM Indore.

Selengkapnya
Sumber Kabar SekitarKita
Kabar SekitarKita