12 Kiat Agar Anda Tetap Bugar di Kantor

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jika Anda seorang tenaga kerja kantoran, rutinitas kerja mungkin membikin pikiran Anda lelah. Bukan hanya itu, lantaran Anda lebih sering duduk di tempat kerja, badan Anda bisa jadi terasa lemah dan lesu. Tentunya, Anda tidak mau kondisi ini terus menerpa Anda. Sebaliknya, Anda mau badan Anda tetap segar (fit) sehingga produktivitas kerja Anda tidak terganggu. Untuk membantu Anda tetap segar di kantor, berikut 12 langkah nan dapat Anda lakukan.

A. Rutinitas Pagi

1. Bangun Pagi

Pukul berapa Anda bangun setiap paginya menentukan seberapa segar Anda di sepanjang hari. Apakah Anda sering menginginkan bangun lebih pagi namun tidak pernah memperkuat lama? Jika Anda bangun pukul 7 pagi namun menginginkan bangun pukul 6 secara rutin, cobalah untuk memajukan waktu bangun tidur 5 menit setiap harinya, hingga tercapai rutinitas bangun pukul 6 pagi. Dibandingkan dengan langsung memajukan satu jam waktu bangun tidur dalam satu hari nan bakal membikin badan kaget dan mengantuk di siang harinya, memajukan waktu 5 menit tidak terlalu terasa efeknya apalagi lenyap sama sekali.

2. Stretching (Peregangan Otot)

Setelah bangun, jangan hanya mengecek smartphone di tempat tidur. Bergeraklah melakukan olahraga ringan seperti peregangan tubuh di pagi hari. Jika sempat, Anda bisa pula pergi berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit alias melakukan jogging.

3. Sarapan Pagi

Jangan melupakan sarapan setiap pagi. Makanlah dengan porsi nan tepat untuk membikin tubuh segar sepanjang hari. Ada baiknya untuk membagi sarapan menjadi 25% protein, 25% karbohidrat, dan 50% buah alias sayuran. Usahakan selalu sarapan di pagi hari untuk mengisi daya dalam tubuh. Sarapan seperti bensin untuk kendaraan, Anda tetap dapat beraktivitas jika tidak mengisi bensin, namun Anda hanya bakal melangkah dalam jarak terbatas.

B. Saat Bekerja

4. Pertahankan Cairan dalam Tubuh

Awali dengan meminum segelas lemonade hangat alias air hangat di saat Anda baru saja sampai di kantor. Hal ini membantu pencernaan agar lebih lancar. Bawalah sendiri botol minum berukuran sedang hingga besar untuk diletakkan di atas meja kerja sehingga mudah dijangkau. Menjaga jumlah cairan dalam tubuh bakal membantu Anda tetap segar di kantor. Berbagai faedah seperti mengurangi pegal-pegal lantaran kurang bergerak, memperbaiki mood, membikin pikiran lebih fokus, dan menjaga kulit agar tidak kering bakal Anda dapatkan dengan minum air secara rutin.

5. Rajin-rajinlah Begerak

Tubuh kita memerlukan pergerakan lebih banyak untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga tubuh agar tetap bugar. Dengan lebih banyak bergerak, niscaya Anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit nan berasosiasi dengan pembuluh darah dan juga otot nan kaku.

Berolahraga di instansi sekarang tidak lagi memerlukan ruang nan luas, Anda dapat melakukannya apalagi di tempat duduk Anda. Beberapa contoh nan dapat Anda lakukan antara lain angkat beban berupa buku-buku nan tersedia di sekitar meja, squat dengan menggunakan bangku kantor, dan berbagai cara lainnya. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar meja kerja setiap separuh jam untuk meregangkan otot-otot kaki nan jarang digerakkan selama bekerja.

C. Istirahat Makan Siang

6. Bawa Bekal dari Rumah

Walau kelihatannya merepotkan, namun membawa bekal sendiri dari rumah menjamin Anda mendapatkan asupan makanan nan lebih bergizi.Anda juga dapat memilih sendiri apa nan Anda sukai nan tentunya lebih sehat dan terdeteksi seluruh bahan-bahan dan langkah memasaknya. Untuk menghindari makan berlebihan, beras merah dapat menjadi salah satu pilihan nan dihidangkan berbareng brokoli. Kedua bahan ini merupakan makanan dengan massa jenis rendah sehingga walaupun terlihat banyak, tidak terlalu membebani tubuh sehingga lebih bugar.

7. Latih Tubuh di Siang Hari

Melatih tubuh di siang hari terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan daya serta mengurangi tingkat stres.Ada dua perihal nan dapat Anda lakukan untuk melatih tubuh di tengah hari, ialah peregangan kaki dan tangan.Untuk peregangan kaki, Anda dapat mencoba duduk ala warteg, caranya duduklah di kursi, kemudian meningkatkan satu kaki dan menumpukan telapak kaki di paha kaki lainnya. Lakukan bergantian untuk setiap kaki. Untuk peregangan tangan, duduk dan rentangkan tangan ke samping sehingga seluruh otot terelaksasi. Anda bisa menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang sehingga peredaran darah pun juga lebih lancar dan Anda tetap segar di kantor.

D. Petang Sepulang Kerja

Sepulang kerja terkadang pikiran sudah cukup capek sehingga badan pun juga ikut merasa capek dan langsung mau beristirahat. Namun untuk tubuh nan lebih bugar, ada baiknya Anda melakukan perihal ini.

8. Tetap Fit Saat Berjalan Pulang

Waktu nan Anda habiskan selama perjalanan pulang dapat dimanfaatkan sebagai peningkat kebugaran mental dan fisik. Anda dapat mencoba untuk mengganti mobil pribadi dengan menggunakan pikulan umum, lebih sehat lagi jika menggunakan sepeda jika jarak instansi tidak terlalu jauh. Setelah seharian duduk dan tidak bergerak, tentu kesempatan berolahraga ini sangat sayang untuk dilewatkan.

9. Makan Malam di Saat nan Tepat

Makan malam di waktu nan terlalu larut dapat berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Makanlah paling tidak 3 jam sebelum tubuh beristirahat di malam hari, sehinggaa pencernaan sudah tidak terlalu keras bekerja saat Anda mau tidur. Jika Anda merasa lapar saat sudah mendekati jam tidur, cobalah untuk mengonsumsi snack berupa karbohidrat kompleks seperti roti gandum, popcorn, alias buah-buahan.

E. Sebelum Tidur

Bagaimana Anda bangun di pagi hari ditentukan dengan seberapa baik kualitas tidur Anda. Waktu tidur sangat vital untuk menjaga tubuh tetap sehat, lantaran tubuh tetap bekerja meregenerasi sel saat tidur dan juga memproduksi hormon nan diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.Sebelum tidur, ada baiknya untuk melakukan hal-hal berikut.

10. Mandi dengan Air Hangat

Mandilah dengan air hangat, nan telah terbukti untuk membikin tubuh lebih relaks untuk kualitas tidur nan lebih baik. Keesokannya, Anda pun siap untuk tetap segar di kantor.

11. Beri Waktu Istirahat untuk Mata

Seharian Anda sudah menatap layar komputer dan juga layar smartphone alias gadget lainnya. Sebelum tidur, ada baiknya untuk mematikan seluruh gadget sehingga mata Anda tidak terlalu capek dan tidur bakal lebih nyaman.Setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk tidak terus berkutat mengerjakan pekerjaan kantor, mengetik laporan, dan sebagainya. Gadget Anda pun juga memerlukan rehat setelah seharian digunakan untuk bekerja.

12. Perlancar Peredaran Darah

Berbaringlah di karpet bilik nan dekat dengan dinding, alias dapat pula dilakukan diatas kasur. Kemudian angkat kaki ke dinding, sehingga lebih tinggi dari tubuh. Hal ini bakal membikin otot-otot kaki lebih relaks dan menghilangkan pegal-pegal.

Itulah 12 kiat untuk dapat tetap segar di kantor, mulai dari pagi hari, saat mulai bekerja, siang, hingga sepulang dari kantor. Tidak terlalu susah untuk mempraktikannya, mengingat kesehatan dan kebugaran juga perihal nan krusial untuk kelancaran pekerjaan Anda.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka