10 Manfaat AI untuk Membantu Bisnis di Tahun 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Manfaat AI (kecerdasan buatan) untuk upaya di tahun 2024 diprediksi bakal sangat besar. Menurut Gartner, pasar perangkat lunak berbasis AI tumbuh dari 14.4% di tahun 2021, menjadi 31.1% pada tahun 2025. Pertumbuhan AI untuk upaya bakal tumbuh jadi sekitar $135 miliar pada tahun 2025. Teknologi AI bakal mengubah beragam macam industri, seperti: operasional bisnis, jasa kesehatan, transportasi, dan hiburan.

AI dapat membantu operasional upaya Anda. Teknologi AI dapat meningkatkan produktivitas, menyederhanakan operasi, dan meningkatkan operasi bisnis. Menurut Forbes, teknologi AI paling banyak digunakan dalam jasa pelanggan. Kebanyakan perusahaan besar menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan keamanan siber.

Manfaat AI untuk upaya lainnya adalah untuk menyediakan jasa paling sesuai dengan konsumen. Anda bisa memberikan rekomendasi produk nan paling cocok dengan pelanggan. Sementara itu, AI bisa digunakan untuk mengoptimalkan email ke pelanggan. Teknologi kepintaran buatan nan terus berkembang memberi banyak faedah untuk upaya di tahun 2024, sebagai berikut ini:

1. Peran AI untuk Mengambil Keputusan

Teknologi kepintaran buatan dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan. Sistem kajian nan berbasis prediktif membantu upaya Anda untuk membikin keputusan berbasis data. AI bisa menganalisa info lebih dalam sehingga manajemen perusahaan meramalkan tren pasar dan kebutuhan pelanggan. Kecerdasan buatan bisa memprediksi hasil berasas info historis. Misalnya, menggunakan info penjualan masa lampau dan meramalkan permintaan di masa depan.

Manfaat AI untuk Bisnis Masa Depan

2. Manfaat AI untuk Chatbot nan Lebih Interaktif

Berkat teknologi kepintaran buatan, chatbot jadi semakin pandai dan canggih. Teknologi ini bakal terus dipakai untuk melayani dan berinteraksi dengan pengguna secara virtual. Teknologi NLP (pemrosesan bahasa alami) meningkatkan pemahaman chatbot pada bahasa manusia. Dengan begini, respon chatbot bakal terlihat lebih natural sesuai dengan pertanyaan konsumen.

Manfaat AI untuk chatbot adalah menganalisa info pengguna lampau menyediakan respon nan lebih individual dan sesuai dengan preferensi individu. Chatbot juga dapat mengingat konteks percakapan sebelumnya sehingga dapat memberikan respon lebih relevan dengan pertanyaan baru. Menariknya, ke depan AI memungkinkan chatbot bisa memproses gambar dan video agar bisa interaktif saat menangani konsumen.

3. Mengelola Rantai Pasokan

Implementasi ERP nan sudah diperkuat AI dapat meningkatkan efisiensi manajemen rantai pasokan. Anda bisa membikin perencanaan permintaan, mengelola inventaris, dan pengelolaan akibat lebih mudah. Analisis prediktif AI bisa membikin peramalan permintaan lebih jeli dengan menganalisa info historis, tren pasar, dan faktor-faktor lainnya. AI untuk industri retail bisa digunakan untuk monitor permintaan pelanggan, identifikasi pola pembelian, dan prediksi kapan waktu nan tepat untuk memesan ulang stok.

4. Personalisasi Konten untuk Pemasaran

Manfaat AI selanjutnya adalah untuk menganalisa info pengguna dan riwayat pembelian. Berdasarkan info tersebut, teknologi kepintaran buatan bakal menyuguhkan konten pemasaran nan lebih relevan dengan minat konsumen. Target pemasaran bakal lebih presisi lantaran identifikasi golongan pengguna dan karakteristiknya sudah terpetakan dengan jelas. Hal ini memungkinkan upaya pemasaran melangkah lebih terarah.

5. Manfaat AI di Bidang Kesehatan

Di bagian kesehatan, AI dapat menganalisa rekam medis seperti hasil ronsen dan tes laboratorium untuk memberi diagnosa lebih sigap dan akurat. Manfaat AI untuk jasa kesehatan ini sangat besar lantaran bisa memperingati pasien lebih sigap sehingga bisa mengambil beragam langkah pencegahan. Kemudian dengan analisa info genetik dan riwayat pasien, AI bisa merancang perawatan nan lebih individual sesuai kebutuhan pasien.

Di bagian industri obat, AI dapat mempercepat proses penelitian dengan menganalisa info molekuler dan genomik. Ini bakal sangat membantu peneliti dalam identifikasi obat dan merancang pengembangan terapi kesehatan nan lebih efektif pada suatu penyakit baru. Sistem jasa kesehatan berbasis AI dapat menganalisa info kesehatan nan sangat besar sehingga para penyedia jasa kesehatan bisa membikin keputusan sigap berasas data.

6. Meningkatkan Keamanan Informasi Perusahaan

Kecerdasan buatan alias AI dapat mendeteksi, mencegah, dan merespon ancaman siber dengan lebih efektif. AI bisa menganalisa lampau lintas dan aktivitas info untuk mendeteksi anomali nan jadi karakter unik adanya serangan siber. Tim IT Anda bisa menangani potensi ancaman lebih cepat. Kemudian, potensi akibat keamanan di masa depan termasuk celah keamanan bisa diatasi lebih sigap sebelum terjadi.

Peran AI untuk Bisnis

AI nan digunakan dalam Sistem Deteksi Intrusi (IDS) dapat mengidentifikasi pola serangan siber. Jika Anda saat ini menggunakan sistem keamanan berbasis AI pastinya bisa memantau aktivitas jaringan, pengguna, dan aplikasi secara real-time. Itu tentu saja sangat bagus lantaran Anda bisa identifikasi ancaman dan minimalisir akibat nan bakal terjadi di kemudian hari. Teknologi Blockchain berbasis AI juga dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan dan transparansi dalam pengelolaan info dan transaksi perusahaan.

7. Otomatisasi Proses di Industri Manufaktur

Teknologi kepintaran buatan untuk industri manufaktur dapat mengontrol dan mesin produksi untuk tingkatkan efisiensi dan produktivitas. Sistem otomatisasi ini dapat disesuaikan secara real-time berasas kondisi dan permintaan pasar. Sistem AI dapat melakukan inspeksi kualitas secara otomatis dengan menganalisa info sensor. Ini memastikan produk dibuat dengan memenuhi standar kualitas tanpa support manusia.

Ditambah lagi, teknologi AI dapat digunakan untuk mengendalikan robot industri untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti: pengelasan, perakitan, dan memindahkan barang. Robotika dengan teknologi AI bisa beradaptasi dengan perubahan dan melakukan tugas dengan kecermatan tinggi. Kecerdasan buatan juga diintegrasi dengan IoT sehingga beragam perangkat dan sensor dapat saling berkomunikasi dan berkolaborasi.

8. Manfaat AI untuk Pengembangan Produk

Manfaat AI untuk pengembangan upaya bisa membantu Anda mencari buahpikiran kreasi baru dan menyederhanakan proses perancangan produk. Dengan menggunakan AI, perusahaan Anda bisa membikin prototipe virtual untuk menguji konsep dan kegunaan produk. Langkah ini bakal menghemat waktu dan biaya pengembangan sebelum prototipe bentuk diciptakan. Kemudian, pengetesan produk juga dapat dipercepat melalui Machine Learning dan dibantu identifikasi masalah pada kecacatan produk.

Tren AI di Bisnis Teknologi

9. Analisis Big Data

Manfaat AI untuk upaya dapat mengenali pola dan hubungan kompleks pada info berukuran besar nan susah untuk dideteksi oleh metode konvensional. Algoritma Machine Learning pada AI dapat mengelompokkan info secara otomatis berasas pola info tertentu. Hebatnya, kepintaran buatan bisa menganalisa sentimen dalam teks, ulasan, dan konten online untuk memahami preferensi pengguna pada produk dan merk Anda.

10. Edge Computing Lebih Efisien

Edge Computing adalah langkah komputasi nan memproses dan menyimpan info secara lokal. Teknologi ini memanfaatkan jaringan Internet of Things (IoT) dan server lokal untuk proses dan simpan aplikasi perusahaan di tempat perusahaan berada. Edge Computing dapat mengurangi latensi dan penggunaan bandwidth nan tidak diperlukan.

Teknologi kepintaran buatan bisa menganalisa info lebih sigap dan akurat. Edge Computing nan diperkuat AI dapat menginterpretasikan info secara real-time lantaran tidak perlu terhubung dengan orang lain. Pemrosesan info secara lokal dapat lebih efisien dengan support AI. Teknologi AI bisa meningkatkan keamanan data, interpretasi info secara real-time, pertimbangan hubungan perusahaan dengan pelanggan, dan prediksi kebutuhan operasional dengan melibatkan info pelanggan.

Manfaat AI untuk upaya di tahun 2024 tidak bisa dipandang sebelah mata. Anda bisa dapatkan efisiensi lebih besar lantaran semua proses upaya bisa dijalankan secara otomatis. Tidak ada lagi pekerjaan manual nan dikerjakan. Jadi, Anda bisa minimalisir terjadinya human error. Data tersaji dan diproses secara real-time. Manajemen perusahaan bisa mengambil keputusan lebih sigap dan tepat, lantaran semuanya berbasis info terbaru.

Selengkapnya
Sumber Kabar Tekno Bhinneka
Kabar Tekno Bhinneka